7 Penyebab Sesak Nafas pada Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

7 Penyebab Sesak Nafas pada Saat Hamil dan Cara Mengatasi Sesak Nafas
Penyebab Sesak Nafas pada Saat Hamil
Gamatips.com – Ketika seorang wanita itu memasuki masa kehamilan, sesak nafas sering dialami dan sulit untuk di hindari. Beberapa kasus sesak nafas pada ibu hamil atau bumil memang bukan masalah yang sangat besar karena dapat hilang dengan sendirinya setelah melahirkan. Namun walaupun demikian, sesak nafas ketika hamil juga dapat menjadi sebuah pertanda akan adanya gangguan kesehatan lainnya yang mungkin lebih serius lagi.


Sebagian besar wanitayang sedang hamil pasti akan mengalami sesak nafas, selain dikarenakan ukuran rahim yang semakin hari terus bertambah besar tapi ada juga beberapa kondisi yang dapat memperparah masalah sesak nafas yang terjadi pada ibu hamil.

Sebelum kita beranjak pada pembahasan mengenai penyebab dan cara mengatasi sesak nafas pada ibu hamil maka ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu bagaimana cara mencegah sesak nafas pada ibu hamil. Berikut ulasannya:

Cara Mencegah Sesak Nafas Pada Ibu Hamil

Dalam mencegah agar sesak nafas saat hamil tidak semakin parah atau terus terjadi pada masa kehamila, maka bumil dapat melakukan pencegahan sebagai berikut:

1). Jangan melakukan kegiatan dengan tergesa- gesa

Memang sangat dianjurkan bagi ibu hamil agar tidak terlalu banyak melakukan aktivitas yang berat, dan disarankan agar beristirahat sebisa mungkin. Namun terkadang bagi ibu rumah tangga yang sedang mengalami masa kehamilan kegiatan tersebut harus tetap dilakukan. Tetapi perlu bunda diketahui jika melakukan kegiatan dengan tergesa- gesa dapat membuat jantung berpacu lebih kencang dan menyebabkan udara yang keluar masuk saat bernapas lebih cepat dan menimbulkan sesak napas, dan itu tidak baik untuk janin dan kesehatan bunda. Jadi bunda sebisa mungkin harus melakukan kegiatan jangan  terlalu tergesa- gesa ya.

2). Hindari stress yang muncul dalam diri

Bagi ibu yang sedang mengalami  masa hamil, memang sering ditemukan kasus  yang mengalami stress, dan hal itu bisa disebabkan oleh banyak factor dan  stress yang berkepanjangan dan tidak segera diobati bisa memicu timbulnya  berbagai penyakit, salah satunya adalah penyakit asma.  Karena beban pikiran yang terlalu berat  menghambat fungsi otak untuk memaksimalkan kinerja keluar masuknya udara, sehingga ibu hamil bisa kekurangan oksigen. Hingga membuat ibu mengalami sesak napas saat hamil. Stress yang muncul juga dapat mempengaruhi kesehatan janin bunda. Dan itu sangat tidak baik.

 Jika bunda mengalami stress kami sarankan agar menceritakannya pada pasangan bunda atau memeriksakan diri kedokter, agar kesehatan bunda dan janin dapat terjaga dan terlindungi.

3). Dengan menghirup  uap air 

Jika bunda merasa sesak pada area pernapasan saat sedang mengalami kehamilan, memang sangat tidak  baik bagi kesehatan bunda. Nah buat bunda yang mengalami hal seperti ini cara mudah dan simple yang bisa bunda lakukan adalah dengan menghirup  uap air saat sedang membuat air panas atau saat sedang menanak nasi. Karena dengan menghirup uap air niscaya bisa membuat saluran  pernapasan bunda menjadi lancar dan tidak menimbulkan sesak yang semakin parah.

4). Rajin berolahraga yang ringan

Dalam masa kehamilan selain asupan gizi yang harus tetap  dijaga,  kesehatan serta kebugaran tubuh harus tetap dijaga juga. Karena jika kesehatan tubuh mulai menurun maka akan banyak penyakit yang akan timbul. Untuk mencegah hal itu bunda dapat melakukan olahraga ringan saat sedang berada dirumah atau bisa mengikuti yoga hamil senam hamil atau olahraga yang dianjurkan oleh dokter. Jika bunda rajin melakukan olahraga maka bisa menghindari munculnya sesak napas. Karena olahraga membuat bunda  memiliki peluang mendapat oksigen lebih banyak.
7 Penyebab Sesak Nafas pada Saat Hamil dan Cara Mengatasi Sesak Nafas Saat Hamil
Penyebab Sesak Nafas pada Saat Hamil

Penyebab Sesak Nafas Pada Ibu Hamil

Sesk nafa yang terjadi pada saat hamil tidak akan mengenal usia kehamilan, karena bisa saja sesak nafas terjadi saat hamil muda atau bisa juga sesk nafas saat hamil tua. Berikut ada beberapa penyebab utama yang menjadi fator ibu hamil mengalami sesak nafas:

1). Faktor penyakit asma bawaan

Bagi ibu yang sedang dalam masa kehamilan dan mempunyai riwayat penyakit asma sebelumnya. Disarankan agar selalu menjaga kondisi tubuh agar asmanya tidak kambuh. Karena dampak dari kambuhnya  asma akan membuat mengalami sesak napas  dan hal ini juga bisa membuat bunda  mengalami infeksi saluran pernapasan yang memunculkan  peradangan di organ tersebut.

2). Faktor  kondisi dari kehamilan

Untuk ibu yang sedang hamil sesak nafas bisa saja muncul dan terjadi . Hal ini disebabkan  karena adanya  tekanan pada rahim yang terus membesar terhadap paru-paru. Tekanan pada paru- paru itulah yang memicu sesak napas itu muncul . Serta jika bunda sedang mengandung anak kembar atau kantung ketuban memiliki  jumlah cairan yang banyak juga bisa membuat ibu hamil susah bernapas.

Ada beberapa factor lain yang  memicu ibu yang sedang hamil mengalami sesak nafas seperti:
  • Tumbuhnya ukuran janin pada rahim yang menyebabkan tekanan pada diafragma. Tekanan yang muncul itulah yang  sering kali memicu gangguan pernapasan.
  • Hormon progesterone yang meningkat pada saat masa kehamilan. Karena naiknya hormon ini akan menstimulasi pusat pernapasan pada otak. Sehingga  membuat pernapasan pada ibu hamil lebih cepat dan dalam. serta membuat udara masuk dan keluar lebih banyak dibandingkan saat tidak hamil. Hal inilah yang membuat ibu hamil mengalami kondisi kekurangan oksigen dan menyebabkan sesak napas saat hamil

3). Faktor suhu udara yang dingin

Bisa kita ketahui jika saat suhu udara mulai dingin bahkan sangat dingin akan memicu  munculnya sesak napas saat hamil. Selain suhu yang dingin ada beberapa hal yang dapat memicu munculnya sesak napsa antara lain:  pemakaian AC yang terlalu dingin juga memicu sesak napas muncul. Bahkan saat sedang berada di daerah pegunungan yang sangat dingin.

Factor suhu yang dingin inilah sering  kali membuat metabolism pada tubuh menurun, melemah dan dapat mempengaruhi paru-paru, sehingga menyebabkan sulit bernapas.

4). Faktor  kekurangan oksigen

Pada masa kehamilan  oksigen yang  Bunda hirup tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk bayi. Sehingga kebutuhan oksigen menjadi bertambah, dan juga terbagi, Oleh karena itu  bundapun akan  sering menarik napas dalam-dalam agar tak kekurangan oksigen.

Karena kekurangan oksigen juga bisa terjadi jika tekanan udara menjadi tidak normal. Yang membuat ibu hamil batuk dan menjadi lemas.

Selain penyebab diatas tadi, meningkatnya hormon progesteron pada saat hamil dapat mengganggu pusat pernafasan yag ada di dalam otak. Hal ini akan membuat udara masuk serta keluar menjadi lebih banyak dibandingkan pada saat belum hamil meski frekuensi nafas masih tetap sama Jadi itulah yang juga menjadi penyebab kurangnya oksigen yang otomatis ibu hamil menjadi sesak nafas.

Baca Juga:

Cara Mengatasi Sesak Nafas Pada Ibu Hamil

Jika sebelumnya kita sudah mengetahui apa yang menjadi penyebab dan cara mencegah sesak nafas pada ibu hamil maka untuk selanjutnya kita akan mencari tahu bagaimana cara mengatasi sesak nafas saat hamil muda atau hamil tua. Berikut ulasannya:

1). Mengatur  posisi saat  duduk

Jika pada masa kehamilan dan muncul sesak napas, maka segeralah duduklah dan atur posisi  dengan posisi tegak dengan menarik bahu ke belakang. Namun jangan sandarkan punggu kebelakang. Posisi duduk tegak ini bisa memberi ruang yang cukup bagi paru-paru untuk mengambil oksigen yang dibutuhkan.

2). Menggunakan  bantal tambahan

Saat sesak napas muncul saat bunda sedang tidur ataupun akan tidur, yang harus bunda lakukan adalah dengan menambah beberapa bantal untuk menyangga bagian punggung supaya tidak terasa sesak. Tarik napas dan hembuskan secara perlahan. Lakukan hingga pernapasan bunda terasa lancar kembali.

3). Mengangkat  lengan ke atas 

Bunda  yang sedang mengalami kehamilan jika sedang melakukan kegiatan dan mengalami sesak napas. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan  mengangkat kedua tangan ke atas kepala. Ketika tangan sudah diangkat keatas, secara perlahan mulailah bernapas. Lakukan hingga napas terasa lega kembali. Karena jika bunda melakukan gerakan ini  akan membuat  tulang rusuk terangkat sehingga udara yang masuk kesaluran pernapasan lebih banyak.

4). Mengatur nafas dan pikiran agar rileks

Mengalami sesak napas memang tidak mengenakan. Terutama saat sedang mengalami stress pasa masa kehamilan. Jika bunda sedang mengalami hal ini  maka ambillah waktu untuk menenangkan diri. Usahakan agar diri merasakan  rileks serta sambil mengatur  napas dalam-dalam. Tenangkan pikiran Anda, rilekskan tubuh anda juga. Hingga bernafas tidak lagi terasa sesak. Dan juga jangan lupa untuk istirahat dari kegiatan apapun yang sedang Anda lakukan.

5). Mengatur posisi kepala yang tinggi  saat sedang tidur 

Agar tidak terjadi sesak napas saat tertidur maka bunda dapat melakukan hal ini. Pada saat akan tidur ataupun sat berbaring ubunda bisa memposisikan kepala lebih tinggi, misalnya dengan mengganjal kepala hingga punggung atas dengan beberapa bantal.

6). Melakukan olahraga ringan secara rutin

Kesehatan tubuh saat hamil memang harus tetap dijaga karena jika tubuh tidak fit bisa membuat bunda yang sedang hamil bisa mudah mengalami sesak napas. Karena sesak napas selama masa kehamilan sering terjadi.  Oleh karena itu, lakukanlah olahraga ringan secara rutin.

Selain penyebab diatas, sesak nafas yang terjadi pada ibu hamil juga bisa terjadi karena adanya sebuah kondisi medis tertentu, walaupun sesak nafas sering terjadi pada saat hamil 2 sampai 7 bulan bumil harus tetap mewaspadai peyebab hal tersebut. Jika bumil merasa sesak nafas yang dialami tidak kunjung membaik atau malah bertambah buruk maka sebaiknya bumil segara memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel