11 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan yang Sudah Teruji

11 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan yang Sudah Teruji
Manfaat Jahe Untuk Kesehatan
Manfaat Jahe Untuk Kesehatan - Mungkin sudah banyak dari kalian yang mengenal tentang jahe. Yah, jahe adalah salah satu rempah-rempah yang sering ada pada setiap masakan khas asli Indonesia. Selain dalam masakan, jahe juga sering ada dalam sebuah minuman herbal seperti teh atau kopi.

Selain itu manfaat jahe sebagai obat herbal juga sudah dikenal sejak lama oleh masyarakat dan jahe juga sering dijadikan sebagai campuran dalam minuman untuk membarikan kehangatan ketika musim dingin. Maka dari itulah jahe sering di manfaatkan oleh masyarakat dan terutama bagi kaum pria.

Sebelum kita beranjak ke pembahasan mengenai apa saja manfaat jahe bagi kesehatan, ada baiknya kita katahui terlebih dahulu tentang kandungan yang ada di dalam jahe. Berikut penjelasannya:

Kandungan Nutrisi Pada Jahe

Berikut ini adalah beberapa kandungan pada jahe yang akan kamu peroleh:
  • Kalori
  • Karbohidrat
  • Air
  • Protein
  • Gula
  • Serat
  • Lemak
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin D
  • Vitamin E
  • Vitamin B1 (Thiamine)
  • Vitamin B2 (Riboflavin)
  • Vitamin B3 (Niacin)
  • Vitamin B5 (Panthothenic acid)
  • Vitamin B9 (Folat)
  • Kalsium
  • Zat Besi
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Potassium (Kalium)
  • Sodium
  • Seng (Zinc)

Apa Manfaat Jahe Untuk Kesehatan?

Cukup banyak bukan kandungan nutrisi yang ada didalam jahe! Oleh sebab itulah jahe bisa dikatakan salah satu rempah-rempah yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Manfaat jahe untuk penderita diabetes

Sebuah studi yang di terbitkan oleh Journal of Agricultural and Food Chemistry mendapati kalau kandungan dalam jahe mampu untuk menekan akumulasi sorbitol yang ada dalam sel darah panusia, ini artinya jahe mampu mencegah dan menurunkan diabetes dan melindungi terjadinya komplikasi.

2. Manfaat jahe untuk mencegah kanker

Sebuah peneliti yang berasal dari Universitas Minnesota mendapati kalau mengkonsumsi olahan berbahan dasar jahe secara rutin ternyata mampu untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker terutama kanker rahim.

3. Manfaat jahe untuk mencegah penyakit jantung dan stoke

Kandungan dalam jahe ternyata mampu untuk menjauhkan seseorang dari penyakit jantung dan juga stroke, hal ini karena nutrisi yang terkandung dalam jahe mampu mencegah terjadinya penyumbatan darah sehingga mampu meminimalisir terjadinya penyakit jantung dan stroke.

4. Manfaat jahe untuk mengatasi masalah pencernaan

Masalah pencernaan bisa dialami oleh semua orang seperti sakit perut, mual sampai masalah morning sickness yang biasanya sering dialami oleh ibu hamil. Untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal, para peneliti menyarankan untuk mengkonsumsi jahe sebanyak 1,2 gram dalam sehari agar manfaat yang didapat lebih maksimal serta tidak menimbulkan efek smaping berbahaya bagi tubuh.

5. Manfaat jahe untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi

Pada umumnya makanan yang masuk dari mulut ke saluran pencernaan akan dicerna atau di serap secara langsung serta sisanya akan di buang melalui anus. Tapi apabila ada sebuah makanan yang mungkin terjebak atau tidak sampai masuk ke bagian usus besar maka itu akan membuat makanan menjadi meragi, busuk atau bisa juga mengakibatkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Untuk mencegah hal tersebut kamu bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi secara rutin olahan dari jahe, karena kandungan dalam jahe akan membantu memperlancar tubuh dalam proses penyerapan nutrisi dalam makanan.

6. Manfaat jahe untuk mengurangi rasa sakit

Manfaat ini sama halnya dengan manfaat yang ada pada cabe, dimana kandungan yang ada dalam jahe mampu untuk mengurangi rasa sakit karena jahe dapat berperan sebagai reseptor dalam saraf.

7. Manfaat jahe untuk menyembuhkan tukak lambung

Manfaat ini memang sudah sejak lama di buktikan oleh para peneliti sekitar tahun 1980 yang menyebutkan kalau jahe mempunyai khasiat untuk mengatasi masalah tukak lambung dan juga GERD. Selain itu, jahe juga dikatakan mempunyai khasiat lebih baik daripada obat yang sering di pakai untuk mengobati tukak lambung.

8. Manfaat jahe untuk mengatasi infeksi jamur

Tidak hanya bakteri yang berbahaya bagi kesehatan tapi infeksi jamur juga sangat berbahaya bagi kesehatan apabila hanya di biarkan begitu saja. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena untuk mencegah dan mengatasi masalah itu kamu bisa memanfaatkan jahe dengan takaran 1 sendok teh minyak jahe murni dengan ditambahin 1 sendok teh minyak kelapa.

9. Manfaat jahe untuk meningkatkan imunitas dalam tubuh

Kandungan dalam jahe bisa membuat tubuh kita menjadi lebih hangat sehingga ini dapat mengikis timbunan toksin yang ada dalam organ-organ tubuh, selain itu juga mampu untuk membersihkan limpa secara menyeluruh.

10. Manfaat jahe untuk mencegah penyakit kronis

Khasiat yang dimiliki jahe di dalam mencegah terjadinya peradangan dapat berperan penting dalam mencegah terjadinya beberapa masalah pada kesehatan yang kronis. Mengkonsumsi bubuk jahe secara rutin ternyata sangat ampuh mengatasi masalah kronis seperti mneurunkan kolesterol jahat dan trigliserida.

11. Manfaat jahe untuk meringankan mual

Manfaat jahe yang selanjutnya adalah meredakan asam lambung atau meringankan gejala mual. Dokter juga menyebutkan kalau jahe mampu meringankan oranng yang mabuk perjalanan serta mual pada pasien yang setelah selesai operasi kanker.
11 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan yang Sudah Teruji
Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Cara Penggunaan Jahe Sebagai Obat Herbal

Dalam pemanfaatan jahe sebagai obat herbal tentu ada banyak cara yang bisa kamu lakukan, salah satunya menambahkan madu kedalam rebusan jahe untuk menambah cita rasa agar lebih enak untuk di konsumsi. Berikut 4 cara pemanfaatan jahe sebagai obat herbal:

1. Memanfaatkan teh jahe
Untuk mendapatkan manfaat dari jahe, kamu bisa mengkonsumsi teh yang terbuat dari jahe atau kamu bisa juga merebus jahe dan meminum air rebusan tersebut secara rutin. Untuk memperoleh hasi yang lebih maksimal, dokter biasanya menyarankan untuk mengkonsumsi 2 sampai 3 kali dalam sehari dan kamu juga bisa menambahkan lemon atau mandu kedalamnya.

2. Memanfaatkan jahe mentah
Selain kamu bisa manfaatkan jahe yang direbus, kamu juga bisa mencampurkan potongan jahe yang masih mentah kedalam minuman yang akan kamu minum seperti teh dan kopi.

3. Mamanfaatkan minyak jahe asli
Sebenarnya memanfaatkan minyak esensial jahe asli merupakan produk yang paling berpotensi bagi kesehatan, hal ini karena minyak esensial jahe mempunyai kandungan gingerol yang lebih tinggi. Jadi kamu bisa memperoleh minyak esensial jahe asli di apotek.

4. Memanfaatkan bubuk jahe
Selain cara penggunaan diatas, kamu juga bisa memanfaatkan bubuk jahe dan menambahkannya kedalam masakan yang akan kamu buat.

Itu saja ulasan yang dapat admin hadirkan tentang manfaat jahe untuk kesehatan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa memberikan kalian sebuah informasi penting mengenai dunia kesehatan. Selamat mencoba!

Baca artikel lainnya:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel