Berikut 11 Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

Berikut 11 Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil
Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil
Gamatips.com – Mengetahui masa subur tentu adalah hal yang wajib untuk di ketahui oleh semua kaum wanita, apalagi bagi kaum wanita yang sudah menikah dan berencana agar cepat hamil atau segera mempunyai keturunan. HIngga saat ini memperkirakan masa subur wanita setelah haid adalah salah satu cara yang paling efektif agar lebih cepat hamil. Maka dari itulah didalam merencanakan kehamilan, kamu wajib untuk mempunyai sebuah catatan periode selama haid.


Apa itu siklus haid? Yang dimaksud dengan siklus haid atau menstruasi adalah rentang hari sejak pertama kali kamu haid sampai dengan hari-hari berikutnya. Normalnya wanita yang haid biasanya berlangsung mulai dari 21-35 hari, namun ada juga yang mempunyai siklus haid selama 28 hari.

Diantara siklus menstruasi tersebutlah terdapat masa yang paling subur untuk kaum perempuan. Nah, pada saat itulah pembuahan akan lebih mudah terjadi apabila sel sperma bertemu dengan sel telur. Tapi apabila tidak ada pembuahan maka biasanya sel telur akan meluruh dan keluar melewati vagina berupa darah. Hal inilah yang menyebabkan wanita mengalami haid setiap bulannya dan setiap wanita normal juga akan melepaskan satu sel telur setiap bulan sebelum memasuki monopouse.

Berapa lama masa subur wanita terjadi?

Pada umumnya wanita yang subur itu ketika ovarium sudah melepaskan sel telur. Kapan ovulasi bisa terjadi? Biasanya ovulasi akan terjadi ketika 12 sampai dengan 14 hari sebelum wanita memasuki periode mestruasi selanjutnya. Biasanya lebih sering terjadi ketika hari ke 10 sampai ke 17 setelah selesai haid jika siklus menstruasi kamu itu berlangsung selama 28 hari lamanya.

Biasanya 5 hari sebelum terjadinya ovulasi dan 1 hari di mana ovulasi itu sudah terjadi adalah masa subur yang paling bagus bagi kaum wanita. Namun perlu kamu ketahui juga kalau sperma pria itu bisa bertahan hidup dalam Rahim selama 5 hari dan untuk sel telur wanita hanya dapat bertahan hidup selama 1 hari saja.

Sebuah penelitian juga menunjukkan kalau kehamilan itu akan semakin meningkat untuk terjadi apabila kalian melakukan hubungan seksual 3 hari sebelum sel telur dilepaskan dan akan mengalami pembuahan 1 hari setelahnya. Saat itulah adalah hari yang sangat bagus bagi kamu yang ingin cepat hamil atau mempunyai keturunan.

Cara Menghitung Sendiri Masa Subur

Umumnya sel telur yang sudah di lepaskan harus dibuahi dalam waktu 12 sampai 24 jam. Oleh sebab itulah sangat penting sekali untuk kita ketahui cara mendeteksi hari subur agar bisa cepat hamil. Biasanya, masa subur tersebut dapat dihitung melalui sebuah catatan atau Analisa siklus haid selama 8 bulan terakhir haid.

Berikut adalah cara menghitung masa subur dengan rumus sederhana yang bisa kamu lakukan dirumah:
  • Cari tahu siklus paling pendek kamu. Contohnya saja 27 hari dan kamu bisa menguranginya dengan 18 maka hasilnya adalah 9. Angkah 9 inilah yang merupakan hari pertama di mana kamu sedang berada pada masa yang paling subur.
  • Cari tahu siklus terpanjang kamu. Misalnya 30 hari maka kamu bisa menguranginya dengan angka 11 maka hasinya adalah 19. Maka hasil itu merupakan hari terakhir dimana kamu memasuki siklus paling subur.
Oleh sebab itu apabila rata-rata siklus kamu ada pada hari 27-30, maka masa dimana kamu memasuki masa yang paling subur adalah hari ke 9 sampai hari ke 19.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Ciri-ciri Masa Subur Pada Wanita

Selain kamu bisa mengetahui masa subur dengan cara menghitung siklus haid kamu selama 8 bulan terakhir, kamu juga bisa mengetahui masa subur dengan beberapa cara yang sederhana. Apa saja itu? Berikut cara sederhana untuk mengetahui masa subur agar cepat hamil:

1. Merasa lebih bergairah dari sebelumnya
Untuk wanita yang memasuki masa subur biasanya iya akan merasa lebih bergairah, lebih bersemangat dan juga sangat mudah bersosialisasi. Ini juga adalah waktu yang tepat bagi kamu yang ingin cepat hamil.

2. Terjadinya peningkatan suhu basal pada tubuh
Apa itu suhu basal? Suhu basal adalah suhu tubuh ketika kalian bangun tidur di padgi hari. Dalam normalnya suhu tubuh ketika baru bangun pagi adalah 35,5 sampai 36,6 derajat, tapi apabila suhu tubuh kamu mengalami peningkatan atau naik sedikit dari angka tersebut maka ini juga bisa dipastikan kalau kamu sedang ada dalam masa subur.

3. Keluarnya lender dari vagina
Biasanya lender yang keluar dari mulut Rahim berupa lender yang encer dan hal ini juga menunjukkan terjadinya perubahan kadar hormone estrogen pada tubuh, serta hal ini juga merupakan sebuah pertada kalau ovulasi akan segera terjadi.

Dalam masa subur, lender yang keluar itu biasanya berwarna bening, licin dan sangat elastis seperti putih telur mentah. Serta cairan tersebutlah yang akan memperlancar serta akan melindungi perjalanan sperma untuk menuju Rahim.

4. Munculnya bercak berwarna kecoklatan
Tidak hanya cairan bening, tapi biasnaya juga akan disertai dengan cairan berwarna kecoklatan yang keluar dari mulut Rahim. Bercak kecoklatan ini adalah folikel telur yang dilepaskan untuk menunggu terjadinya pembuahan. Tanda ini juga bisa kamu gunakan untuk mengetahui masa subur.

5.  Terasa nyeri pada bagian payudara
Selain tanda-tanda diatas, mengetahui masa subur juga bisa kita lihat dari adanya rasa nyeri pada bagian payudara. Namun cara ini memang tidak terlalu akurat karena bisa saja rasa nyeri pada payudara itu terjadi karena faktor lainnya. Tapi jika rasa nyeri tersebut datang setelah kamu selesai haid maka ini adalah tanda-tanda kalau kamu akan masuk dalam masa subur.

6. Lebih sensitif dari biasanya
Pada saat wanita memasuki masa subur juga bisa ditandai dengan tubuh yang akan lebih sensitif, terutama terletak di bagian penciuman. Di mana ada beberapa wanita yang memiliki penciuman yang lebih tajam dari pada hari-hari sebelumnya, apalagi kondisi ini terjadi setelah kamu selesai haid.

7. Mual-mual
Timbulnya rasa mual tidak hanya terjadi pada saat masa kehamilan tapi terjadi pada saat masa subur sebagian wanita akan merasakan mual. Biasanya rasa mual ini juga sering muncul beberapa hari setelah selesai haid dan hari itu juga adalah hari dimana kamu sedang ada dalam masa subur.

8. Kepala terasa sakit
Mendekati masa ovulasi pada wanita juga bisa ditandai dengan timbulnya rasa sakit kepala dan ini biasanya juga terjadi setelah selesai haid. Namun hal tersebut tidak terjadi pada semua wanita, karena selama ini hanya terjadi pada beberapa wanita dewasa saja. Selain itu sakit pada bagian kepala juga bisa disebabkan oleh banyak hal dan salah satunya adalah migren.

9. Terjadinya perubahan ketegangan pada mulut rahim
Perlu kamu ketahui juga kalau selama ovulasi, mulut rahim akan terasa lebih lembut dan lebih tinggi serta lebih terbuka. Hal inilah yang membuat sperma mempunyai kesempatan untuk masuk kedalam leher rahim lebih besar. Namun perubahan pada kondisi mulut rahim yang hanya biasa dan yang sedang ovulasi mungkin akan sangat sulit untuk bisa kita bedakan.

10. Terasa sakit pada bagian perut bawa
Masa subur juga bisa ditandai dengan munculnya rasa sakit pada bagian perut bawah, biasanya rasa sakit ini juga akan disertai dengan keluarnya sebuah cairan bening dan bercak-bercak kecoklatan yang keluar dari mulut rahim. Untuk durasinya biasanya hanya sebentar dan tidak sampai 1 jam.

11. Nyeri ringan sampai berat pada bagian punggung
Beberapa kaum wanita mungkin juga akan merasakan hal ini pada masa ovulasi terjadi. Tanda ini juga bisa kamu jadikan sebagai patokan untuk mengetahui masa subur agar lebih cepat hamil.
Berikut 11 Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil
Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

Tips Agar Cepat Hamil

Mengetahui kapan waktu ovulasi pada tubuh adalah hal utama dalam mengetahui masa subur agar cepat hamil. Walaupun terlihat sederhana, beberapa wanita ternyata mengalami kesulitan untuk mengetahui kapa waktunya ovulasi. Oleh sebab itu selain menghitung masa subur, kamu juga wajib untuk melakukan banyak cara agar cepat hamil.

Barikut ada beberapa cara agar cepat hamil yang bisa kamu terapkan di rumah:

1. Hindari Stres
Dalam beberapa kasus, beberapa pasangan ternyata mengalami stres untuk dapat cepat hamil. Hal tersebut sangatlah tidak baik, karena stres malah akan membuat terjadinya kehamilan akan sangat sulit untuk diraih. Maka dari itu, untuk kamu yang ingin cepat hamil sebaiknya hindari untuk stres dan hadapi dengan tenang serta santai prosesnya.

2. Rubah pola hidup menjadi lebih sehat
Merubah pola hidup menjadi lebih sehat adalah cara yang paling tepat untuk kamu lakukan sebelum hamil. Dalam menerapkan pola hidup sehat sebaiknya kamu menghindari asap rokok, jauhi minuman bealkohol, olahraga yang teratur, capai berat bada yang ideal dan yang tidak kalah penting juga adalah mencukupi asupan nutrisi tubuh sebelum kamu hamil.

3. Lakukan hubungan seksual secara teratur
Apabila dari kalian merasa tidak yakin kapan masa subur itu akan terjadi maka ada baiknya kamu bisa melakukan hubungan seksual secara teratur atau lebih sering dari biasanya. Ada baiknya juga kamu melakukan hubungan seksual ini setiap hari selama minggu kedua dan ketiga setelah kamu selesai haid.

4. Cari tahu kapan ovulasi itu terjadi
Mungkin cara ini sudah dijelaskan diatas, di mana saat ovulasi terjadi adalah saat masa subur bagi wanita. Ini juga adalah sebuah peluang yang sangat besar bagi kamu yang ingin cepat hamil. Maka dari itu kamu juga wajib untuk mengetahui siklus haid agar bisa memperkirakan kapan masa subur itu terjadi.

5. Berkonsultasi dengan dokter
Selain langkah-langkah diatas, kamu juga bisa mengkonsultasikannya dengan dokter, karena biasanya dokter akan membantu kamu untuk mengetahui kapan dan apakah kamu sudah memasuki masa subur. Selain itu dokter juga akan memberikan beberapa tips dan cara agar cepat hamil.

Baik, mungkin itu saja beberapa rangkuman yang bisa kami hadirkan dalam pembahasan kali ini dan semoga ulasa diatas tentang cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil bisa bermanfaat untuk kamu yang ingin cepat hamil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel