Penjelasan Lengkap Tentang Vaksin Kombo atau Vaksin Kombinasi yang Benar

Penjelasan Lengkap Tentang Vaksin Kombo atau Vaksin Kombinasi yang Benar
Apa Itu Vaksin Kombo
Gamatips.com - Vaksin itu lebih baik dilakukan sejak dini untuk mencegah beberapa jenis penyakit yang biasanya terjadi pada tubuh. Banyak orang yang juga masih bingung bagaimana cara memilih vaksin yang baik, dengan harga yang terjangkau dan pastinya aman untuk tubuh si kecil. Nah, dalam pembahasan kali ini admin akan merangkumkan secara jelas mengenai vaksin kombo atau sering juga disebut vaksin kombinasi.


Apa Itu Vaksin Combo atau Vaksin Kombinasi?

Pada dasarnya beberapa dari orang tua tentu sudah mengenal tentang jenis vaksin yang beirkut ini. Vaksin kombo atau yang juga lebih populer disebut dengan nama vaksin kombinasi ini adalah jenis vaksin yang memang sudah disediakan dalam bentuk gabungan dari beberapa jenis vaksin pada saat vaksin ini dibuat.

Untuk satu dosis suntikan vaksin ini biasanya akan terdapat beberapa jenis vaksin atau antigen yang berbeda-beda didalamnya. Janis vaksin ini merupakan gabungan dari beberapa jenis vaksin tunggal yang dibuat untuk mencegah jenis-jenis penyakit yang berbeda-beda, sehingga beberapa jenis vaksin bisa diberikan pada rentang waktu atau lokasi suntikan yang sama.

Oleh sebab itu vaksin ini dapat dikatakan dibuat dengan cara menggabungkan beberapa toksid yang membutuhkan zat adjuvan yang sama seperti zat kimia garam aluminium. Dengan cara menambahkan zat tersebut maka antibodi didalam tubuh akan terbentuk menjadi lebih tinggi sehingga membuat interval suntikan dapat lebih panjang.

Pada umumnya suntikan vaksin kombinasi ini akan dijadwalkan sekitar 6 sampai 8 minggu dan harus dalam kesatuan 3 kali suntikan berulang yang kemudian disebut dengan suntikan dasar. Ketiga suntikan itulah yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membangkitkan sistem kekebalan tubuh dan langkah ini juga harus diulang kembali setahun berikutnya.

Mengapa Vaksin Harus Dilakukan?

Bagi setiap orang tua pastinya sangat menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Memberikan vaksinisai sejak dini adalah salah satu cara untuk melindingi tumbuh kembangnya dan menghindarkan dari berbagai jenis penyakit yang berbahaya. Berikut ini ada beberapa alasan yang bisa menjawab pertanyaan kalian:

1. Vaksin atau imunisasi dapat menurunkan resiko terhadap penyakit
Dulu ada banyak sekali jenis penyakit yang dapat membunuh ratusan sampai dengan jutaan anak didunia. Salah satu jenis penyakit tersebut adalah polio dan pada saat vaksin polio ini belum ditemukan membuat jenis penyakit ini sangat ditakuti oleh semua orang tua karena dapat membuat kematian dan juga kelumpuhan. Setelah ditemukannya vaksin polio, hingga saat ini masalah penyakit ini jarang ditemukan lagi.

2. Vaksin sangatlah aman untuk dilakukan
Ketika memberikan vaksin, memang akan ada beberapa gejala efek samping yang muncul terhadap tubuh si kecil seperti rasa tidak nyaman, demam namun sangat jarang sekali ditemukan munculnya gejala alergi. Namun efek samping ini hanya berlangsung sementara saja dan akan hilang dengan sendirinya.

3. Vaksinasi dapat menyelamatkan generasi penerus bangsa
Dalam pemberian vaksin memang tidak akan bisa menghilangkan penyakit yang ada di seluruh muka bumi ini. Tapi dengan memberikan vaksin sejak dini kita dapat mencegah resiko anak mengidap beberapa jenis penyakit ketika anak tersebut beranjak dewasa.
Penjelasan Lengkap Tentang Vaksin Kombo atau Vaksin Kombinasi yang Benar
Apa Itu Vaksin Kombo

Apakah Vaksin Itu Aman dan Apa Khasiatnya?

Bunda tidak perlu merasa khawatir dengan keamanan dalam memberikan vaksin bagi si kecil. Karena menurut dokter Ferina Rachim dari Rumah Vaksinasi Kebagusan mengatakan kalau vaksin kombo sangatlah aman untuk diberikan pada anak dan tidak mengurangi khasiat yang terdapat didalam vaksin tersebut.

Tidak hanya itu Dr. Ferina juga menyebutkan kalau dengan memberikan vaksin kombo dapat memberikan cukup banyak manfaat bagi tumbuh kembang si kecil. Manfaat tersebut seperti:
  • Langkah ini akan mengurangi jumlah suntikan yang akan diterima oleh si kecil dan cara ini akan meminimalisir kemungkinan terjadinya trauma akibat suntikan.
  • Akan berdampak meringannya biaya kunjungan ke dokter, termasuk juga dengan biaya andimintrasi klinik atau rumah sakit yang umunya akan dibebankan kepada pasien.
  • Cara ini akan menghemat waktu serta akan membantu bunda untuk lebih gampang lagi didalam melengkapi vaksinasi sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Perbedaan Vaksin Mahal dan Vaksin Murah

Apa perbedaan vaksin mahal dengan vaksin murah?

Saat ini sudah tersedia cukup banyak jenis vaksin yang tersebar. Bahkan akhir-akhir ini kita juga pernah menjumpai sebuah vaksin palsu yang dijual di Indonesia. Tentu tidak terbayang bukan, apabila anak kita mendapatkan vaksin palsu tersebut dan kita sebagai orang tua pastinya akan semakin bertanya-tanya bagaimana dengan kesehatan anak kita di maasa yang akan datang. Pada umumnya ketika si kecil sudah beranjak ke usia 2, 4 dan 6 bulan maka iya sangatlah wajib untuk mendapatkan vaksin yang lengkap seperti DPT ( Difteri, Pertusis, Tetanus ). Berikut ini ada beberapa pilihan yang bisa kamu ambil untuk memberikan vaksin dengan harga terjangkau atau harga yang mahal.

1. Vaksin DPT yang Diproduksi Oleh Indonesia
Di Indonesia sendiri terdapat dua jenis vaksin yang sudah diproduksi dan salah satunya itu disebut dengan nama pentabio. Disebutnya penta-bio ini dikarenakan didalam vaksin tersebut mempunyai 5 jenis vaksin seperti Difteri, Pertusis, Tetanus, Hepatitis B dan Polio. Langkah ini sebenarnya dilakukan untuk mengurangi suntikan yang diberikan, untuk itulah apabila sudah memasuki usia 6 bulan maka si kecil harus segera diberikan vaksin pentabio ini. Untuk harga dari vaksin jenis ini cukuplah terjangkau, tapi ada sebuah kekurangan yang terdapat didalam vaksin tersebut yakni komponen pertusis yang bisa membuat si kecil demam tinggi.

2. Vaksin DPT yang Diproduksi Oleh Prancis
Jenis vaksin yang satu ini ternyata lebih diminati oleh beberapa kalangan orang tua, ini karena vaksin ini mempunyai kenyamanan yang akan dirasakan oleh si kecil. Namun untuk masalah harga, vaksin ini sangatlah mahal dari jenis vaksin yang ada di rumah sakit.

3. Vaksin DPT yang Diproduksi Oleh Belgia
Untuk vaksin yang dibuat oleh Belgia ini menggunakan komponen pertusis, namun komponen tersebut tidaklah membuat bayi mengalami demam tinggi tapi hanya demam ringan saja. Dalam pemberian vaksin tersebut dapat dilakukan dengan cara mengkombinasikan sesuai dengan jadwalnya, contohnya satu vaksin sudah terdiri dari vaksin Hepatitis B dan Polio Inaktif. Selain itu ada juga pilihan vaksin Hib ( Hemofilus influenza tipe B ), vaksin tersebut untuk mencegah influenza yang dapat membuat radang pada otak.

Itulah beberapa penjelasan lengkap mengenai vaksin kombo atau vaksin kombinasi serta bahaya dan juga manfaatnya bagi bayi. Semoga dengan ulasan diatas dapat membrikan penjelasan secara rincih untuk bunda semuanya. Jika artikel diatas dirasa sangat bermanfaat maka tidak ada salahnya juga untuk membagikannya kepada orang lain yang mungkin sedang mencari penjelasan seperti diatas.

Baca Artikel Lainnya:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel