Berikut 8 Cara Mengatasi Bibir Kering Pada Bayi 2 Sampai 9 Bulan

Berikut 8 Cara Mengatasi Bibir Kering Pada Bayi 2 Sampai 9 Bulan
Cara Mengatasi Bibir Kering Pada Bayi
Gamatips.com – Pada beberapa kasus, bayi yang mengalami masalah seperti bibir kering serng membuatnya merasa tidak nyaman dan juga lebih rewel dari biasanya. Hal tersebut juga karena bibir bayi yang kering akan membuat si kecil terganggu ketika tidur, makan serta minum. Oleh sebab itulah kita sebagai ibu wajib mengetahui bagaimana cara yang benar dalam mengatasi masalah bibr kering pada bayi.


Penyebab Bibir Kering Pada Bayi

Dalah hal ini ada banyak faktor yang bisa membuat bibir si kecil menjadi kering seperti faktor asupan, faktor lingkungan dan juga faktor kebiasaannya setiap hari serta tidak ketinggalan juga karena dehindrasi. Jadi empat faktor tersebutlah yang menjadi penyebab utama bibir bayi menjadi kering. Umumnya untuk bayi yang baru lahir biasanya sering mengalami masalah tersebut karena kurangnya asupan ASI dari payudara ibu pada hari pertama kelahirannya.

Selain faktor terseut, suhu cuaca yang panas seperti sekarang ini juga turut ikut campur didalam memperburuk masalah bibir kering pada bayi. Tapi faktor cuaca dan lingkungan biasanya berdampak pada bibir atas bayi kering terlebih dahulu sebelum berlanjut ke bagian bawah bibir apabila tidak segera diatasi dengan benar.

Kurangnya asupan vitamin tertentu kedalam tubuh bayi juga bisa membuat bibirnya kering atau bibir pecah-pecah. Tapi mengkonsmsi terlalu banyak vitamin juga bisa menjadi penyebab masalah bibir kering dan pecah-pecah pada bayi.

Masalah bibir bayi yang kering mungkin bukan sebuah kondisi yang sangat serius dan tidak perlu mendapatkan perawatan yang intensif, tapi apabila hal itu hanya dibiarkan begitu saja maka tidak menutup kemungkinan hal yang lebih buruk akan terjai.

Bagaimana Cara Mengatasi Bibir Kering Pada Bayi?

Mengatasi sebuah masalah bibir kering pada bayi yang berumur 2-9 bulan tentu tidak akan semudah seperti mengatasi bibir kerng pada orang dewasa. Walaupun demikian, bunda tidak usah khawatir karena di bawah ini sudah kami rangkumkan beberapa tips ampun untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah pada bayi:

1. Mengatasi bibir kering pada bayi dengan membersihkan bibir bayi secara rutin dan teliti

Bila bunda memiliki bayi yang sedang mengalami bibir kering dengan cara rajin, rutin dan teliti dalam membersihkan bibir bayi dapat dengan cepat menyembuhkannya. Untuk caranya bunda bisa mengambil sebuah cotton bud, beri sedikit air bersih lalu oleskan secara perlahan kebibir bayi, lakukan lagi jika bibir bayi masih terasa kering ya bunda.

2. Mengatasi bibir kering pada bayi dengan air susu (ASI)

Untuk bunda yang sedang menyusui dan memiliki bayi yang sedang mengalami bibir kering. Bunda bisa memanfaatkan asi tersebut sebagai obat alami untuk menyembuhkan bayi bunda. Karena sudah tidak perlu diragukan lagi manfaat serta khasiat dari asi tersebut.  Salah satunya bisa membantu menyembuhkan bibir kering pada bayi bunda, caranya sangatlah gampang, pertama-tama bunda harus mencuci bersih tangan, kemudian  oleskan asi secukupnya dibibir bayi, oleskan secara perlahan ya bunda.

3. Mengatasi bibir kering pada bayi dengan minyak kelapa murni

Bunda pasti tidak asing lagi dengan minyak kelapa, selain untuk bahan memasak , minyak kelapa yang mengandung  asam laurat atau lauric acid yang sama seperti pada ASI ini juga bisa bermanfaat sebagai pelembap pada bibir bayi yang sedang kering. Caranya, kita ambil minyak kelapa secukupnya saja ya bunda, lalu oleskan merata pada bibir bayi menggunakan cotton bud. Jika  ingin hasil yang baik, lakukan secara rutin ya bunda.

4. Mengatasi bibir kering pada bayi dengan petroleum jelly (Pelembap Bibir)

Petroleum jelly merupakan pelembab  yang sering sekali dimanfaatkan sebagai  pelembab bibir pada bayi. Kandungan  yang terdapat dalam petroleum jelly sudah tidak diragukan lagi kegunanaannya. Dengan cara mengoleskan secukupnya petroleum jelly ini pada bibir bayi yang kering secara rutin niscaya akan membantu mengurangi kering pada bibir bayi. Namun jika bunda ingin menggunakan petroleum jelly ini, kami sarankan agar berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak .

5. Mengatasi bibir kering pada bayi dengan cara menyisakan ASI sekitar  bibir bayi saat selesai menyusui

Terkadang saat bunda sedang menyusui, biasanya bunda pasti selalu segera membersihkan bibir bayi agar tidak ada asi yang tertinggal pada bibir bayi. Namun ternyata bunda meninggalkan sedikit ASI pada bibir bayi dapat mencegah bibir bayi kering dan melindunginya dari bakteri.  Nah, Apabila  jika ada asi yang tersisa pada bibir  bayi bunda jangan terlalu dilap sampai benar-benar kering ya bunda.
Berikut 8 Cara Mengatasi Bibir Kering Pada Bayi 2 Sampai 9 Bulan
Cara Mengatasi Bibir Kering Pada Bayi

6. Mengatasi bibir kering pada bayi dengan cara melindungi bibir bayi dengan kain lembut

Jika bunda sedang memiliki masalah bibir kering pada bayi, Bunda  bisa mencegah bibir kering pada bayi dengan cara menutup bibir bayi bunda menggunakan kain lembut, hal ini dilakukan jika bunda sedang beraktivitas di luar ruangan, atau sedang berpergian jauh, terutama saat suhu udara sedang panas. Hal ini dilakukan agar kering pada bibir bayi tidak menjadi semakin parah.

7. Mengatasi bibir kering pada bayi dengan mencukupi Kebutuhan ASI pada bayi

Melembapkan bibir bayi yang kering  atau mencegahnya menjadi lebih parah, Bunda harus selalu menjaga serta memastikan bayi bunda tidak mengalami dehidrasi. Oleh karena itu bunda harus mencukupi  asupan  ASI pada bayi. Sebab ASI juga mengandung zat gizi yang membuat tubuh si Kecil sehat dan imun dalam tubuhnya menjadi kuat dan bagus sehingga jauh dari berbagai penyakit. Jadi dengan mendapatkan ASI yang cukup niscaya bibir pada bayi bunda tidak akan mengalami kering yang terlalu parah.

8. Mengatasi bibir kering pada bayi dengan memakai Air Humidifer

Air Humidifer berfungsi sebagai  alat yang bekerja dengan cara menyemprotkan uap air ke udara, alat ini  juga berfungsi untuk menjaga kelembapan udara pada ruangan.  Memiliki manfaat untuk  mencegah bibir pecah-pecah, pilek, kulit kering, sakit tenggorokan dan juga mengatasi iritasi yang ditimbulkan akibat udara kering. Bunda bisa mencoba menggunakan alat ini untuk menjaga kelembapan pada bayi bunda. Namun kami sarankan agar pemakaian alat ini jangan terlalu sering untuk digunakan.

Pada umumnya masalah bibir yang kering pada bayi adalah sebuah hal yang umum serta sering terjadi dan sangat umum di jumpai pada setiap anak. Walaupun tidak berbahaya, tapi kondisi tersebut akan sangat mengganggu aktifitas si kecil dan juga akan membuat iya lebih rewel dari biasanya.

Cara mencegah bibir kering pada bayi

Dalam mengatasi masalah tersebut tidak hanya bisa dilakukan dengan cara mengobatinya saja tapi bunda juga wajib untuk mencegah agar si kecil tersayang tidak mengalami masalah tersebut. Hal terpenting dalam mencegah agar bibir bayi tidak kering adalah memenuhi asupan ASI si kecil setiap hari.

Selain itu perhatikan juga berapa banyak dan berapa sering si kecil bunda menyusui. Semkain sering si kecil bunda menyusui maka semakin banyak juga produksi ASI yang akan dihasilkan payudara bunda. Hal ini tentu akan sangat baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang si kecil.

Tidak hanya itu saja, menjaga kelembapan ruangan si kecil juga harus menjadi prioritas. Jika bisa usahakan untuk menjaga suhu ruangan tidak terlalu kering dan juga tidak terlalu panas, hal ini untuk menjaga kelembabab kulit serta bibir si kecil. Tapi apabila si kecil bunda haru pergi keluar rumah, ada baiknya bunda coba menutupi wajah si kecil dengan kain yang ringan untuk mencegah angina dan panas tidak langsung mengenai wajah si kecil yang bunda.

Mungkin itu saja rangkuman informasi yang bisa kami hadirkan untuk bunda, semoga dengan informasi diatas mengenai cara mengatasi bibir kering pada bayi bisa bermanfaat untuk bunda semuanya. Selamat mencoba yang bun!

Baca Juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel