6 Cara Diet Rendah Garam Bagi Penderita Hipertensi Untuk Menurunkan Berat Badan

6 Cara Diet Rendah Garam Bagi Penderita Hipertensi Untuk Menurunkan Berat Badan
Cara Diet Rendah Garam Bagi Penderita Hipertensi
Gamatips.com – Pada dasaranya, seseorang yang melakukan diet rendah garam itu adalah untuk mengurangi kadar garam berlebih di dalam tubuh. Walaupun garam itu mempunyai manfaat bagi kesehatan, tapi garam yang masuk kedalam tubuh kita juga wajib untuk kita batasi untuk mencegah terjainya masalah kesehatan tertentu seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi dan masalah medis lainnya.


Apa Yang Dimaksud Diet Rendah Garam?

Seperti yag di singgung diatas, diet rendah garam itu adalah cara untuk menurunkan kadar garam berlebih di dalam tubuh untuk mencegah masalah kesehatan tertentu. Walaupun kandungan sodium atau natrium adala sebuah mineral yang sangat penting bagi tubuh karena mempunyai peranan cukup penting di dalam tubuh manusia.

Garam atau dala ilmiah di sebut dengan natrium ini memang bisa kita temukan secara alami pada setiap makanan seperti buah-buahan, sayur-sayuran dan juga susu, tapi biasanya kandungan natrium dalam makanan tersebut masih tergolong sedikit. Oleh sebab itu orang lebih sering menambahkan garam kedalam setiap masakannya dan jika hal itu terus di lakukan maka tidak menutup kemungkinan mebuat kadar garam di daam tubuh kita menjadi bertambah. Meski natrium adalah mineral yag sangat penting untuk tubuh, tapi tetap harus kita batasi.

Bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi sangatlah wajib untuk membatasi asupan makanan yang banyak mengandung garam. Selain dalam makanan yang sering kita konsumsi, kamu juga wajib untuk menghindari makanan olahan seperti keripik, makanan yang di bekukan serta makanan cepat saji lainnya.

Maka dari itulah bagi kamu yang menderita tekanan darah tinggi sagat wajib sekali untuk melakukan diet rendah garan pada setiap makanan dan minuman yang akan atau ingin kamu konsumsi. Biasanya dokter sering merekomendaskan seseorang yang ingin melakukan diet rendah garam untuk mengurangi asupan makanan yang mengandung garam atau tidak sama sekali mengkonsumsi garam dalam makanan.

Dalam dunia medis asupan garam yang normal kedalam tubuh adalah 2 sampai 3 gram saja dalam satu hari atau hanya satu sendok the garam dalam satu hari karena dalam satu sendok the garam itu sudah mepunyai kandungan 2.300 mg. Ketika kamu sedang melakuka diet rendah garam, hindari mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan natrium atau sepenuhnya kamu hindari dan ini juga tergantung dari tingkat yang di sarankan oleh dokter.

Jadi itulah pegertian diet rendah garam menurut pakar kesehatan dan untuk selanjutnya mari kita ketahui apa saja manfaat dari diet rendah garam bagi tubuh kita. Berikut ulasannya:

Apa Manfaat Diet Rendah Garam?

Bagi setiap rumah sakit, diet rendah garam adalah salah satu jenis diet yang wajib untuk dilakukan bagi sebagai orang yang menderita hipertensi. Dalam melakukan diet rendah garam, banyak sekali manfaa yang akan dirasakan bagi orang yang melakukannya dan manfaat ini berhubungan dengan masalah kesehatan tertentu. Berikut 3 manfaat diet rendah garam:

Untuk  mencegah terkenanya tekanan darah tinggi

Mengkonsumsi garam yang berlebihan memang akan menimbulkan efek buruk pada tubuh. Salah satunya akan menimbulkan tekanan darah tinggi. Jika sudah terkena darah tinggi dan masih mengkonsumsi garam berlebih akan mempengaruhi kondisi tubuh yang lain, seperti akan memicu munculnya stroke, ataupun memicu munculnya penyakit jantung.

Menurut penelitian terbaru akhir-akhir ini menunjukkan jika 766 orang yang memiliki ekresi natrium urine yang tinggi akan memiliki tingkat darah yang tertinggi. Begitu pula muncul banyak penelitian yang menunjukkan bahwa mengurangi asupan garam atau melalukan diet rendah garam bisa sangat membantu anda untuk menurunkan darah tinggi.

Serta pernah dilakukan studi dari enam penelitian pada sekitar 3.000 orang yang menunjukkan bahwa diet rendah garam yang dilakukan secara rutin akan menurunkan tekanan darah pada orang dewasa dan tua. Dan dampak yang sangat terlihat dari diet ini sangat berdampak kuat pada orang yang mengalami hipertensi.

Jadi mulailah cara alami ini dari sekarang yaitu mencoba  diet rendah garam untuk menurunkan darah tinggi (hipertensi) pada diri anda.

Untuk mencegah penyakit ginjal

Jika anda sedang mengalami penyakit gagal ginjal ataupun penyakit ginjal kronis, dan masih mengkonsumsi garam secara berlebih, ada baiknya agar secepat mungkin untuk mencoba diet rendah garam. Karena efek garam yang berlebih pada tubuh akan menimbulkan dampak negative pada fungsi ginjal anda. Jika ginjal sudah mulai terganggu maka tidak akan dapat membantu menghilangkan kelebihan garam pada tubuh atau cairan yang lain secara efektif.

Dan bila kadar garam serta cairan pada tubuh sudah terlalu tinggi, akan muncul tekanan yang terbentuk dalam darah. Tekanan dalam darah inilah yang akan menimbulkan kerusakan pada ginjal lebih lanjut.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh The National Kidney Foundation, mereka menyarankan agar semua orang yang memiliki  penyakit ginjal kronis agar berusaha untuk membatasi asupan natrium kurang dari 2 gram(2.000 mg) per hari.

Serta dari 11 studi yang melakukan penelitian pada beberapa orang yang memiliki penyakit ginjal kronis, ditemukan bahwa dengan membatasi asupan garam segara signifikan sangat dapat membantu mengurangi tekanan darah serta mengurangi protein yang muncul pada urine yang merupakan penanda awal dari kerusakan ginjal.

Membantu  mengurangi resiko penyakit jantung

Bagi anda yang memiliki riwayat penyakit jantung, ataupun gagal jantung  sangatlah disarankan untuk mencoba diet rendah garam. Karena jika terlalu banyak asupan garam yang masuk kedalam tubuh akan menyebabkan kelebihan cairan pada penderita gagal jantung dan bisa menyebabkan komplikasi, seperti sesak napas.

 Dan juga apabila kesehatan jantung mulai  terganggu maka akan mempengaruhi fungsi ginjal yang akan menurun, serta bisa menyebabkan retensi (kelabihan) natrium dan air.

Sangat disarankan untuk anda yang memiliki riwayat penyakit jantung harus  membatasi asupan garam menjadi 3.000 mg per hari, sementara mereka penderita gagal jantung sedang hingga berat harus diet garam rendah tidak lebih dari 2.000 mg setiap hari.
6 Cara Diet Rendah Garam Bagi Penderita Hipertensi Untuk Menurunkan Berat Badan
Cara Diet Rendah Garam Bagi Penderita Hipertensi

Cara Diet Rendah Garam yang Benar

Jika diatas kita sudah mengetahui apa saja manfaat yang bisa kita rasakan jika melakukan diet rendah garam, maka selanjutnya kita akan mencari tahu bagaimana cara diet rendah garam yang benar agar bisa sukses untuk kita jalani.

1). Usahakan untuk mengurangi pemakaian garam saat memasak
Untuk memulai hidup yang lebih baik serta lebih sehat untuk kebugaran tubuh anda, kami sarankan untuk mencoba memulai dari sekarang  untuk mengurangi pemakaian garam ketika memasak, Anda bisa menakar garam sesuai kebutuhan, maksimal satu sendok teh  atau bisa lebih sedikit lagi. Serta hindari menambahkan garam saat,merebus pasta, ataupun menu masakan yang anda buat setiap harinya. Dan bila ingin menggunakan mentega, pilihlah yang tanpa garam.

2). Usahakan memilih produk makanan dan minuman rendah garam
Terkadang sering kita temui didalam makanan serta minuman yang kita beli memiliki kandungan garam.  Jadi kami sarankan agar anda lebih memilih produk yang rendah garam serta anda harus teliti karena ada beberapa yang memiliki  kandungan sodium pada kemasan makanan dan minuman yang anda beli.

Terkadang  produk makanan dan minuman yang mempunyai kadar rendah garam itu memiliki jumlah sodium sekitar di bawah 140 mg per saji. Nah, jika anda sedang makan diluar rumah, bisa meminta agar jumlah garamnya dikurangi.

3). Mengurangi  penggunaan bumbu dan saus
Jika anda akan memasak, usahakan untuk memilih rempah-rempah kering yang belum diberi tambahan garam sebagai bumbu masakan. Anda bisa saja menambahkan bumbu yang lain seperti lada, air lemon, ketumbar, jahe, daun thyme, oregano, atau mustard kering, untuk menambah rasa asin pada masakan anda.

4).Membaca  label yang tertera pada makanan kemasan  
Apabila anda ingin memakan makanan kemasan, kami sarankan agar terlebih dahulu untuk membaca label yang tertera dibelakang makanan kemasan  tersebut . Karena sering kita jumpai adanaya makanan kemasan yang mengandung  kadar garam yang tinggi. Terutama jika anda menemukan kadar natrium  yang tinggi pada makanan kemasan tersebut . Usahakan  untuk hindari dan jangan membelinya. Sebab pada makanan kemasan yang terdapat kandungan natrium yang tinggi maka akan memicu tekanan darah anda akan meningkat.

5). Usahakan  menghindari konsumsi makanan tinggi garam
Dalam makanan yang sering kita konsumsi setiap hari memang sangat banyak yang ditemukan memiliki kadar garam yang tinggi diantaranya seperti keju, daging asap, daging olahan, mayones, saus tomat, ikan asin, dan sereal. Selain itu, beberapa jenis roti, saus pasta, pizza, makanan siap saji, roti isi, sosis, dan keripik kemasan juga mengandung banyak garam.

Jadi untuk meminimalisir naiknya kadar garam dalam tubuh, anda harus bijak dalam mengkonsumsi makanan yang disebutkan tadi. Boleh dikonsumsi namun dalam jumlah yang normal dan jangan terlalu berlebihan. Agar tidak menimbulkan dampak negative pada tubuh.

6). Usahakan memperbanyak konsumsi sayur dan buah
Untuk hidup yang lebih sehat dan lebih baik  untuk kehidupan anda. Maka anda bisa harus  memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan dengan kandungan sodium yang rendah, seperti tomat, wortel, bayam, brokoli, seledri, selada, bawang bombay, apel, jeruk, jeruk nipis, dan pisang.
Agar nanti nutrisi serta vitamin dan yang utama kandungan sodium yang rendah  pada buah dan sayur yang anda konsumsi bisa membawa dampak yang positif untuk tubuh anda.

Cara Mengolah Makanan Untuk Diet Rendah Garam yang Benar

Selain kita wajib untuk mengetahui bagaimana cara diet rendah garam yang benar, kita juga mesti tahu bagaimana cara mengolah makanan untuk diet rendah garam yang benar. Berikut ini ada beberapa cara benar dalam mengolah makanan bagi orang yang sedang diet rendah garam:
  • Bagi kamu yang sedang melakukan diet rendah garam sebaiknya mengolah makanan yang ingin kamu makan dengan cara di rebus, di tumis, di kukus atau bisa juga di panggang. Hindari untuk mengkonsumsi makanan yang di goreng.
  • Mungkin makanan yang tidak di tambah dengan garam akan terasa agak hambar, tapi untuk mensiasati hal itu kamu masih bisa menambahkan bumbu lainnya seperti bawang merah, bawang putih, cabe, dan bumbu lainnya yang rendah kandungan garam di dalamnya.

Mungkin hanya itu saja informasi yang bisa admin rangkumka mengenai cara diet rendah garam bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, semoga cara diatas bisa bermanfaat untuk kamu yang mungkin sedang diet atau baru ingin memulai diet rendah garam. Selamat mencoba!

Baca Juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel