10 Jenis Olahraga Untuk Ibu Menyusui Dalam Menurunkan Berat Badan

10 Jenis Olahraga Untuk Ibu Menyusui Dalam Menurunkan Berat Badan
Olahraga Untuk Ibu Menyusui
Gamatips.com - Setiap wanita yang setelah selesai melakukan persalinan tentu akan mempunyai bentuk tubuh yang tidak ideal seperti halnya saat masih remaja. Oleh sebab itu banyak sekali wanita yang melakukan berbagai cara agar bentuk badan serta lingkar pinggangnya kembali seperti dulu lagi dan salah satunya itu adalah dengan olahraga. Tapi apakah olahraga itu aman untuk wanita yang sedang menyusui?

Menurut para ahli menyebutkan kalau olahraga itu sangatlah baik untuk ibu yang sedang menyusui tapi dengan catatan tetap memperhatikan asupan nutrisi yang masuk kedalam tubuh. Hal ini dilakukan agar produksi ASI untuk si kecik tetap baik dan kebutuhan nutrisi si kecil juga terpenuhi.

Lalu jenis olahraga apa yang baik untuk ibu menyusui? Berikut ini admin sudah merangkumkan beberapa jenis olahraga yang bisa bunda lakukan untuk mencegah kenaikan berat badan yang berlebih tanpa mengurangi asupan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh dalam meperoduksi ASI.

Jenis Olahraga Untuk Ibu Menyusui

Umumnya tidak ada sebuah ketentuan yang khusus mengenai jenis olahraga apa yang baik untuk dilakukan oleh ibu menyusui. Tapi untuk kamu yang mungkin masih kebingungan, beberapa jenis olahraga di bawah ini mungkin bisa kamu coba di rumah.

1. Melatih otot dasar panggul
Pada umumnya bertambahnya berat badan dan ketika selesai persalinan membuat pinggul para ibu-ibu yang sedang menyusui menjadi kendur serta hal tersebut bisa membuat terjadinya inkontinesia urine dan inkontinesia alvi, yaitu kesulitan untuk menahan buang air kecil dan juga besar.

Namun ada cara untuk mengatasi hal tersebut, yakni dengan cara melakukan olahraga untuk melatih otot panggul. Untuk melakukan latihan yang satu ini, bunda bisa mengencangkan otot dasar panggul dan tahan selama 10 detik lalu lakukan relaksasi. Bunda bisa melakukan latihan ini selama 3 kali dalam sehari.

2. Aktif bergerak untuk membakar kalori
Bagi ibu yang sedang menyusui tentu tidak akan punya waktu untuk pergi berolahraga keluar rumah. Namun hal itu bukan masalah besar karena bunda masih bisa melakukan oleh raga di dalam rumah. Jenis olahraga ini juga sangat bagus di dalam membakar kalori.

Untuk melakukan jenis olahraga yang satu ini bunda bisa melakukan pemanasan terlebih dahulu dengan cara lompat-lompat selama 5 menit. Setelah itu bunda bisa langsung melakukan mountain climbing selama 1 menit, wall sit selama 1 menit dan ulang sampai 3 set. Setal itu bunda juga bisa melakukan plank selama 1 menit serta squat jump selama 1 menit dan lakukan sebanyak 3 set saja.

3. Melakukan olahraga aerobik
Apabila fisik bunda sudah semakin kuat, maka bunda bisa mencoba untuk melakukan jenis olahraga aerobik. Karena olahraga jenis ini mampu untuk membakar kalori yang ada di dalam tubuh. Dalam melakukan olehraga ini bunda tidak harus langsung mulai dengan senam aerobik tapi bunda bisa mencoba yang ringan-ringan saja terlebih dahulu seperti berjalan, renang dan juga bersepeda.

4. Berolahraga bersama dengan si kecil
Bunda juga bisa melibatkan si kecil untuk berolahraga karena hal ini juga dapat mengurangi kadar lemak di dalam tubuh, walaupun tidak seberapa tapi apabila bunda lakukan cara ini secara rutin pasti hasilnya juga akan lebih terlihat.

Dalam menerapkan jenis olahraga yang satu ini bunda bisa mulai dengan cara menaiki dan menuruni anak tangga sebanyak 8 sampai 10 kali dan setelahnya lakukan squat 20 kali sebanyak 2 set. Kemudian letakan si kecil dalam stroller dan bunda bisa melakukan walking lunge sebanyak 20 kali dan squat jump sebanyak 20 kali.
10 Jenis Olahraga Untuk Ibu Menyusui Dalam Menurunkan Berat Badan
Olahraga Untuk Ibu Menyusui
5. Olahraga renang
Jenis olahraga yang satu ini adalah olahraga yang paling mudah serta banyak manfaat yang bisa dirasakan. Jika bunda memiliki kolam renang atau ada waktu sedikit untuk pergi ke kolam renang maka bunda bisa melakukan olahraga renang selama 30 menit saja sudah bisa membakar kalori sebanyak 100 sampai 500 kalori dalam tubuh.

Dalam olahraga renang tentu banyak otot yang ikut berperan, maka hal ini sangat baik bagi semua organ yang ada di dalam tubuh salah satu contohnya seperti jantung dan juga paru-paru.

6. Olahraga pilates
Pada saat bunda sedang hamil tentu tubuh bunda akan berkerja lebih keras untuk menopang si kecil yang ada di dalam perut bunda selama 9 bulan. Oleh sebab itu jenis olahraga pilates ini sangatlah cocok untuk bunda lakukan karena mampu untuk membantu pemulihan keadaan tubuh terutama pada bagian perut, otot-otot dan menjaga keseimbangan di dalam tubuh. Bunda bisa melakukan olahraga ini jika kondisi tubuh bunda sudah benar-benar pulih pasca melahirkan.

Untuk gerakannya juga sederhana, contohnya seperti side lying leg liftd, full quad extension dan the clam bida bunda lakukan sambil menjaga si kecil. Bunda bisa melakukan olahraga ini secara rutin agar hasinya dapat lebih maksimal.

7. Yoga
Jenis olahraga yang satu ini sangatlah baik untuk dilakukan oleh ibu menyusui. Karena jenis olahraga ini tidak hanya mampu untuk membakar kalori di dalam tubuh tapi juga mampu untuk menghilangkan rasa pegal pada bahu serta punggung yang di sebabkan terlalu lama menggendong si kecil dan pose dalam yoga juga mampu untuk memperlancar ASI.

Bunda bisa melakukan gerakan yoga seperti cat-cow stretch, sphinx pose, heart opening dengan bantuan sebuah guling, bridge pose, half boat pose dan juga gerakan yuga seperti extended triangle pose. Bunda dapat melakukan gerakan yoga tersebut secara rutin selama 1 jam setiap hari.

8. Cardio dance
Konsep olahraga cardio dance ini tentunya akan sangat menyenangkan serta sangat cocok sekali bagi kamu yang suka dengan lagu hi hop sampai broadway. Cardio dance tidak hanya mampu untuk membakar kalori di dalam tubuh tapi juga bisa membuat hati bunda terasa lebih senang karena di iringin dengan lagu kesukaan bunda sendiri.

9. Joging membakar kalori
Dalam olahraga jenis ini ternyata bisa membakar banyak kalori yang ada di dalam tubuh. Apabila bunda tidak memiliki orang untuk menjaga si kecil di rumah, bunda juga bisa mengajak si kecil untuk ikut joging dengan menggendongnya atau mendorongnya dengan kereta bayi.

Bunda bisa melakukan joging dengan jarak sekitar 4 sampai 5 km secara rutin untuk memperoleh hasil yang maksimal. Karena olahraga jenis ini mampu untuk membakar kalori dalam tubuh sebanyak 150 sampai 400 kalori.

10. Angkat beban yang sederhana
Apabila tubuhnya bunda sudah mulai beradaptasi dengan semua latihan diatas, maka bunda juga bisa melakukan melakukan olahraga angkat beban ringan. Karena dengan latihan ini dapat bermanfaat untuk membuat otot bunda menjadi lebih kuat.

Bunda bisa mencoba untuk memulai melatih otot bagian ata sterlebih dahulu setelah itu baru melatih otot bagian bawah. Bunda bisa mengulang gerakan pada olahraga ini sekitar 10 sampai 15 kali dalam setiap jenis gerakan yang bunda lakukan.

Untuk mendukung kenyamanan pada saat bunda melakukan aktifitas olahraga maka gunakanlah pakaian yang mendukung untuk memberikan tubuh bergerak secara leluasa katika berolahraga. Untuk mengakali waktu yang mepet dalam olahraga, bunda juga bisa mengakalinya dengan memberikan ASI atau memompa ASI terlebih dahulu sebelum bunda beranjak untuk olahraga.

Bagaimana, menyusui tidak menjadi hambatan lagi untuk melakukan aktifitas seperti olahraga. Tapi selama jenis dan intensitas olahraga yang di lakukan itu tidak membuat produksi ASI menurun maka lakukanlah karena akan bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel