12 Tips Diet Untuk Ibu Menyusui Yang Aman

 12 Tips Diet Untuk Ibu Menyusui Yang Aman
Diet Untuk Ibu Menyusui
Gamatips.com - Tentu hal ini memang sudah tidak menjadi sebuah rahasia lagi kalau setiap kamu ibu yang sudah melahirkan akan mengalami bentuk badan yang lebih besar dari sebelum hamil, hal tersebut juga sering membuat kebanyakan dari kaum wanita merasa tidak nyaman. Tapi apa boleh buat melahirkan adalah hal yang wajib untuk dialami oleh kaum ibu untuk memiliki sebuah keturunan, namun dalam hal tersebut bunda tidak usah kawatir karena ada beberapa tips diet untuk ibu menyusui yang aman untuk bunda lakukan.

Dalam memiliki berat bada yang bagus tentu kita harus mengurangi porsi makanan, tapi pada saat menyusui mengurangi asupan makanan tidaklah baik sebab tubuh sangatlah membutuhkan nutrisi yang cukup untuk bisa memberikan asupan ASI yang baik untuk si kecil. Tapi ada beberapa cara yang dapat bunda lakukan untuk memiliki badan yang bagus ketika menyusui tanpa mengurangi asupan nutrisi yang diperlukan tubuh.

Apakah ibu menyusui boleh diet?

Tentu saja boleh, namun diet untuk ibu menyusui tidaklah sama dengan diet untuk wanita yang masih remaja. Karena bagi ibu menyusui sangat tidak disarankan sekali untuk melakukan diet ketat dan perhatikan juga kebutuhan nutrisi harian untuk ibu menyusui agar ASI untuk si kecil tetap berkualitas.

Dalam diet ini bunda juga harus belajar untuk bersabar, karena menurunkan berat badan pada saat menyusui tidaklah secepat yang bunda bayangkan. Selain bersabar bunda juga wajib konsisten dengan apa yang sudah bunda tentukan sejak awal agar hasilnya dapat segera terlihat.

Tips Diet Untuk Ibu Menyusui

Bagaimana cara diet yang aman untuk ibu menyusui?

Sebenarnya program diet bagi ibu menyusui tidaklah begitu sulit dan menakutkan apabila dilakukan dengan cara yang benar dan tepat. Namun untuk bunda yang mungkin masih takut, dibawah ini ada beberapa tips yang mungkin bisa bunda terapkan dirumah:

1. Pola makan yang terjadwal
Dalam menerapkan diet untuk ibu menyusui yang pertama adalah dengan cara membuat jadwal makan yang baik. Disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat sebanyak 3 kali dalam sehari yaitu pagi, siang dan sore menjelang malam. Usahakan untuk tidak melewatkan jadwal makan tersebut dan patuhi jadwal tersebut selama bunda menyusui agar dapat menekan kenaikan berat badan yang berlebih.

2. Perbanyak minum air
Minum air putih yang banyak setiap hari pada saat menyusui sangatlah bagus untuk mencegah bunda dari dehindrasi serta sembelit. Namun tidak hanya itu, mengkonsumsi air yang banyak juga bisa menghindarkan dari rasa lapar palsu yang dimana sebenarnya itu purut sudah kenyang. Sangat disarankan untuk minum air sebanyak 8 gelas dalam sehari, tapi jika bisa lebih juga lebih bagus lagi.

3. Olahraga secara teratur setiap hari
Selain cara-cara yang diatas, cara yang berikut ini juga tidak kalah pentingnya untuk bunda lakukan. Olahraga yang benar dan teratur sangatlah penting didalam menurunkan berat badan. Selain itu olahraga juga mampu untuk menurunkan tingkat stres dan mendapatkan tidur yang lebih baik lagi. Dalam hal ini bunda tidak usah melakukan olahraga yang berat tapi lakukanlah olahraga yang ringan-ringan saja seperti jalan santai sambil mendorong kereta bayi berkeliling rumah saja sudah cukup.

4. Cukupilah porsi tidur
Mencukupi jam tidur tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan fisik dan mental tapi tidur yang cukup juga dapat membantu bunda untuk menurunkan berat badan yang berlebih. Sebuah penelitian yang dilakukan menunjukkan kalau ketika seorang ibu yang menyusui hanya tidur selama 5 jam akan mengalami kenaikan berat bada dari pada seorang ibu yang tidur selama 7 jam sehari. Maka dari itulah, cukupi jam tidur bunda setiap hari agar berat bada tidak terus naik.

5. Hindari terlalu sering stres
Dalam kasus ini banyak sekali seorang ibu yang terlalu memikirkan berat badannya ketika selesai melahirkan dan menyusui sehingga hal tersebut akan membuatnya stres karena menurunnya kepercayaan diri dengan penampilannya saat ini. Stres yang dialami malah akan berdampak pada kenaikan berat badan yang signifikan, selain itu stres juga akan membuat produksi ASI akan menurun dan ASI yang keluar juga akan menurun kualitasnya. Jadi jangan pernah stres lagi yang bunda!

6. Perhatikan porsi makanan setiap hari
Seorang ibu yang sedang menyusui tentu akan sangat diajurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak dan sehat, namun jika dalam program diet bunda harus memperhatikan jumlah porsi makanan yang akan bunda makan. Karena dalam program diet bunda wajib mengurangi jumlah porsi makanan, tapi tanpa merubah jenis makanan yang bunda makan.

7. Konsumsilah makanan yang sehat
Ada banyak sekali cara untuk mempertahankan berat badan yang aman untuk ibu menyusui, cara yang pertama adalah mencukupi asupan kalori harian. Tentu bagi seorang ibu yang menyusui pastinya sudah membakar banyak sekali kalori ketika selesai olahraga dan menyusui si kecil, jika hal ini tidak bunda perhitungkan maka dapat menyebabkan sebuah masalah terutama pada kualitas ASI.

Maka dari itu seorang ibu menyusui yang sedang diet sangat diwajibkan untuk menambah asupan kalori harian sekitar 500 kalori dalam satu hari, jadi asupan kalori harian bunda adalah sekitar 2.200 sampai 2.500.

8. Lebih sering menyusui
Pada umumnya jika seorang bayu itu sering menyusu, itu adalah sebuah hal yang sangat normal dan sangatlah bagus untuk tumbuh kembang si kecil. Namun walaupun si kecil terlihat terlalu sering atau banyak menyusu tapi seorang bayi mempunyai naluri dengan apa yang sedang iya butuhkan.

Dalam menyusui, kalori dalam tubuh akan terbakar dan berkurang. Jadi apabila si kecil lebih sering menyusu maka ini adalah hal baik buat bunda karena akan ada banyak kalori dalam tubuh yang ikut terbakar setiap hari.

9. Hindari menurunkan berat badan lebih cepat
Dalam perkembangan jaman, tentunya sudah banyak sekali tren diet untuk menurunkan berat badan yang cepat. Tapi ingatlah bunda ada hal yang paling penting yang harus selalu bunda perhatikan yaitu produksi ASI. Karena banyak sekali tren diet diluar sana yang mempunyai efek sangat besar terhadap jumlah dan pasokan ASI, terlebih menyusui adalah hal yang paling utama untuk si kecil.

Maka dari itu, bunda sebaiknya menghindari untuk menurunkan berat bada dengan cepat karena hal tersebut akan berdampak pada kualitas ASI yang bunda hasilkan. Jadi, lakukanlah cara yang tepat dan benar untuk diet ibu menyusui.

10. Pakailah krim pengencang kulit yang aman
Dalam mengembalikan bentuk tubuh agar lebih ideal setelah selesai melahirkan, selain melakukan olahraga secara rutin bunda juga dapat menggunakan krim pengencang kulit. Bunda dapat memakai krim stretch marks atau bisa juga memakai krim pengencang kulit lainnya yang tentunya aman tanpa efek samping.

Produk-produk krim untuk mengencangkan kulit yang memang dibuat secara khusus untuk mengambalikan bentuk kontur tubuh pasca selesai melahirkan dengan cara membantu menormalkan produksi kolagen, menguatkan elastisitas kulit serta juga membuat kulit menjadi lebih kencang.

11. Hindari mengkonsumsi kafein serta alkohol
Pada saat bunda sedang menyusui, alangkah baiknya bunda menghindari makanan dan minuman yang mengandung kafein dan juga alkohol karena dapat berpengaruh buruk pada kualitas ASI. Beberapa minuman yang megandung zat tersebut seperti kopi, teh, soda dan juga coklat. Tapi apabila bunda adalah orang yang sangat menyukai teh atau kopi maka ada baiknya bunda memperhatikan takarannya agar tidak terlalu banyak atau berlebihan dalam satu hari.

Tapi tidak hanya kafein, mengkonsumsi alkohol juga dapat berdampak buruk bagi wanita yang sedang menyusui. Hal tersebut karena alkohol dapat menghambat menghambat hormon oksitosin yang akan menyebabkan terjadinya gangguan pada produksi dan kualitas ASI yang dihasilkan.

12. Bicarakan dengan ahli gizi
Alangkah baiknya untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan ahli gizi dalam menurunkan berat badan ketika sedang menyusui merupakan cara yang baik. Selain itu bunda juga harus mempunyai sebuah tujuan ketika menghubungi seorang ahli gizi. Apabila tujuan bunda adalah diet bagi ibu menyusui, maka alhi gizi akan selalu mengingatkan kalau bunda makan untuk memenuhi kebutuhan dua orang.

Namun langkah ini bisa dilakukan apabila bunda memerlukan penjelasan dari orang yang profesional didalam menurunkan berat badan ketika sedang menyusui.
12 Tips Diet Untuk Ibu Menyusui Yang Aman
Diet Untuk Ibu Menyusui

Kesimpulan-kesimpulan

Dalam melakukan penurunan berat badan bagi seorang ibu yang sedang menyusui adalah bersabar. Karena demi memiliki penampilan menarik, janganlah memaksakan diri terlalu berat ya bunda. Karena tubuh seorang wanita yang setelah melahirkan dan menyusui tentu akan mengalami perubahan dibandingkan ketika bunda masih remaja.

Meskipun bunda mempunyai sebuah semangat yang besar, tapi budan juga harus memahami kalau mengembalikan bentuk tubuh adalah hal yang memerlukan proses yang tidak singkat. Karena bunda akan membutuhkan 9 bulan atau bisa juga lebih dalam mengembalikan bentuk tubuh seperti semula lagi. Maka dari itu, bunda wajib bersabar dan ingat juga si kecil yang membutuhkan asupan ASI dari bunda.

Mungkin itu saja rangkuman yang bisa admin hadirkan kali ini mengenai tips diet untuk ibu menyusui yang aman dan semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk kalian semuanya. Admin tekankan sekali lagi kalau semua proses itu butuh kesabaran dan ketekunan yang bunda!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel