12 Daftar Obat Batuk Untuk Bayi Yang Aman dan Terpercaya

12 Daftar Obat Batuk Untuk Bayi Yang Aman dan Terpercaya
Daftar Obat Batuk Untuk Bayi
Gamatips.com – Tentu ketika si kecil sakit, kita sebagai orang tua pasti akan merasa ikut sakit ya bunda. Apabila bisa atau boleh menukar keadaan tersebut, pasti ingin sekali rasanya kita sebagai orang tua menggantikan rasanya sakit yang dialami si kecil kita. Apalagi kita tahu kalau umumnya jika si kecil sakit pasti iya akan terus menerus menangis dan hal tersebut disebabkan karena tubuh si kecil tidak merasa nyaman serta belum mampu untuk mengungkapkan rasa sakit yang dialaminya.

Pada umumnya untuk bayi yang masih berusia 6 bulan sangatlah rentan sekali untuk terserang batuk dan juga pilek. Apabila sudah terkena penyakit ini maka biasanya bayi akan sulit untuk mau minum serta jika ini terus terjadi pada si kecil maka sangatlah berbahaya bagi kesehatan tubuh si kecil bunda. Di bawah ini ada sedikit ulasan mengenai apa yang menjadi penyebab si kecil mengalami batuk.

Batuk Pada Bayi

Apa penyebab terjadinya batuk pada bayi?

Pada dasarnya batuk dan juga pilek itu terjadi karena mekanisme pertahanan tubuh si kecil saat ada bakteri pemicu infeksi yang masuk ke dalam tubuh. Ini merupakan cara tubuh untuk melawa bakteri tersebut dengan mengeluarkan semua bakteri melalui saluran pernafasan, serta hal tersebut merupakan hal yang alami terjadi pada tubuh manusia. Serta masalah ini biasanya akan hilang dengan sendirinya tanpa obat-obatan.

Walaupun sudah banyak jenis obat batuk dan pilek dijual secara bebas untuk bayi dan anak-anak tapi bunda tidak boleh sembarangan dalam memilih obat-obatan tersebut. Karena obat yang akan digunakan haruslah tepat dengan usia si kecil, berat badan dan bagaimana kondisi dari tubuh si kecil. Bunda juga harus memastikan jenis batuk serta pilek yang sedang dialami oleh si kecil untuk dapat mendapatkan pengobatan yang lebih tepat.

Pada umumnya batuk yang di sebabkan oleh alergi akan menimbulkan cairan yang berwarna bening dan juga batuk kering. Apabila si kecil bunda mengalami batuk yang disebabkan oleh alergi maka sebaiknya bunda segera menjauhkan si kecil dari sesuatu yang membuatnya alergi. Sedangkan apabila batuk basah dan disertai dengan keluarnya ingus yang berwarna hijau atau kekuningan maka segeralah untuk membawa si kecil ke dokter karena ini merupakan batuk yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Obat Alami Untuk Mengobati Batuk Pada Bayi

Apa saja obat alami yang dapat menyembuhkan batuk pada bayi?

Dalam dunia medis tidak menyarankan untuk memberikan obat batuk pada bayi, hal ini karena dapat menimbulkan sebuah gejala efek samping yang berbahaya bagi nyawa si kecil. Tapi ada beberapa cara yang dapat bunda lakukan untuk mengobati batuk pada bayi yang aman bagi tubuhnya. Berikut ulasannya:

1. Sinari bayi dengan sinar matahari sebelum jam 9 pagi
Menurut beberapa ahli menyebutkan kalau menjemur bayi di bawah sinar matahari pagi sebelum jam 9 ternyata terbukti sangat ampuh untuk membuat bakteri dan virus melemah dan hal ini juga otomatis akan memberikan rasa hangat yang nyaman bagi tubuh si kecil serta membuat lendir pada saluran pernafasan menjadi lebih encer. Namun usahakan agar si kecil bunda tidak langsung terpapar oleh sinar matahari ya!

2. Berikan ASI Yang Cukup
Pada dasarnya ASI adalah makanan pokok sekaligus minuman untuk si kecil yang masih berusia di bawah 6 bulan. Sebenarnya bayi tidak membutuhkan obat-obatan kimia dalam menyembuhkan batuk, karena dengan ASI tubuh si kecil sudah mendapatkan antibodi alami. Antibodi inilah yang akan membantu tubuh si kecil dalam melawan mikroorganisme seperti bakteri dan virus yang bisa mengganggu kesehatan tubuh bayi. Oleh sebab itu penuhilah asupan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh si kecil dan Ini akan menghindarkan tubuh si kecil terhidrasi.

3. Menggunakan larutan salin.
Dalam dunia medis larutan salim ini digunakan untuk mengeluarkan lendir yang sudah mengering di dalam hidung bayi. Namun biasanya obat ini bisa kamu dapatkan di apotek dengan resep atau saran dari dokter langsung. Untuk menggunakan obat ini bunda bisa memakai pipet dan meneteskannya kebagian hidung bayi dengan menegakkan terlebih dahulu bagian kepala bayi.

4. Menggunakan madu
Madu sendiri mampu membuat bayi untuk bisa tidur dengan nyenyak pada saat batuk dan pilek. Karena kandungan anti-bakteri serta antioksidan akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta daya tahan pada tubuh si kecil. Tidak hanya itu madu juga mampu meredakan batuk, radang pada tenggorokan dan juga mampu membunuh bakteri yang menjadi penyebab terjadinya infeksi pada saluran pernafasan.

5. Menggunakan bawang putih
Menurut sebuah studi menunjukkan kalau bawang putih itu dapat di gunakan sebagai dekongestan alami, di mana dekongestan ini merupakan sebuah obat yang bisa mengurangi adanya radang serta produksi lendir yang berlebihan.

Dalam memanfaatkannya bunda bisa memotong beberapa siung bawang putih dan letakan bawang putih di dekat tempat tidur si kecil dengan alas piring. Aroma yang keluar dari bawang putih inilah yang akan membantu untuk meredakan radang serta mengurangi produksi lendir yang berlebih, hal ini karena bawang putih mengandung sulfur.

6. Menggunakan jeruk nipis
Untuk buah hati bunda yang sudah berusia lebih dari 1 tahun ke atas maka bunda dapat memanfaat jeruk nipis sebagai obat batuk alami. Hal ini karena jeruk nipis kaya akan kandungan vitamin C dan kandungan ini dapat meningkatkan produksi sel darah putih serta membuat sistem kekebalan tubuh si kecil meningkat dalam melawan virus serta bakteri yang menjadi penyebab batuk serta pilek .

Perlu bunda ingat kalau sebelum memberikan jeruk nipis, sebaiknya kukus terlebih dahulu sebentar saja. Jika sudah peras dan campurkan airnya dengan madu dan berikan sedikit untuk meredakan tenggorokannya.

7. Menggunakan buah lemon
Buah lemon adalah salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan kandungan tersebut mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mengurangi gejala batuk serta pilek pada bayi. Manfaat ini sama dengan manfaat dari jeruk nipis tadi.

Cara memanfaatkannya sama saja dengan jeruk nipis tadi, dengan cara mengukus terlebih dahulu dan mencampurkannya dengan madu serta air hangat secukupnya. Cara ini dapat bunda lakukan apabila si kecil sudah berusia lebih dari 1 tahun.

Bunda juga harus selalu aktif dalam memantau bagaimana perkembangan penyakitnya sambil bunda mencoba cara-cara di atas. Apabila batuk dan pilek si kecil bunda terus berlangsung lebih dari 3 sampai 4 hari lamanya maka ada baiknya untuk segera mengonsultasikannya dengan dokter spesialis anak agar dapat segera diobati dengan cepat.

Selain dengan menggunakan obat alami untuk mengobati batuk pada buah hati bunda, namun masih ada beberapa obat yang bisa bunda dapatkan diapotek. Tapi obat yang berikut ini biasanya harus melalui resep atau saran dari dokter langsung. Beberapa jenis obat tersebut seperti berikut ini:
12 Daftar Obat Batuk Untuk Bayi Yang Aman dan Terpercaya
Daftar Obat Batuk Untuk Bayi
1. Obat Anakonidin Syrup
Dalam dunia medis obat tersebut mampu untuk meredakan demam, batuk, sakit kepala, hidung yang tersumbat serta juga masalah alergi.

Kandungan dextromethrophan yang terdapat didalam anakonidin syrup 30 ml mampu untuk mengurangi masalah batuk dan obat ini dapat berguna untuk mengatasi batuk yang berdahak. Karena obat ini mampu membuat dahak menjadi lebih encer serta dahak akan lebih muda keluar bersamaan dengan batuk. Tidak hanya itu obat tersebut juga mampu untuk melegakan hidung yang tersumbat.

Untuk bayi yang sudah berusia 1 tahun atau kurang maka sebaiknya memberikan obat tersebut sekitar ½ sendok teh setiap 3 kali dalam sehari. Dan biasanya obat ini dijual dengan harga yang terjangkau sekitar 7.900 per 30 ml.

2. Obat Batuk Herbal Anatuk
Obat yang satu ini merupakan jenis obat batuk untuk bayi yang menggunakan bahan dasar alami seperti madu dan jenis bahan herbal lainnya.

Jenis bahan herbal lainnya seperti tumbuhan sengugu yang dimana tanaman tersebut sudah dikenal sejak lama dalam mengatasi masalah pada pernafasan dan aman untuk kesehatan.

Biasanya dosis yang aman dalam menggunakan obat ini sekitar 1 sendok teh setiap 3 kali dalam satu hari. Untuk obat jenis ini biasanya dijual dengan harga 65.000 untuk 140 ml.

3. Obat Mucos Drop
Berikut ini adalah salah satu jenis obat yang sering di gunakan untuk mengatasi penyakit yang terjadi pada saluran pernapasan yang disebabkan oleh menumpuknya lendir atau dahak.

Dalam obat mucos drops terdapat kandungan ambroxol, di mana kandungan tersebut mempunyai fungsi untuk membuat dahak menjadi encer. Bunda dapat memberikan obat ini kepada si kecil dengan dosis 0.5 ml setiap 2 kali dalam sehari.

Biasanya obat ini sering dijual di apotek dengan harga 22.000 untuk kemasan 60 ml.

4. Obat Mucera Drop
Obat yang selanjutnya ini hampir sama dengan obat yang diatas tadi, di mana obat mucera drop ini mampu untuk meringankan masalah pada sistem pernafasan seperti emfisema, radang paru kronis, bronkiektasis, eksaserbasi bronkitis kronis dan juga akut, bronkitis asmatik, asma bronkial yang biasanya dibarengi dengan keluarnya dahak serta penyakit radang rinofaringeal.

Selain itu obat mucera drop juga memiliki kandungan ambroxol yang mempunyai fungsi sebagai mukolitik atau obat untuk mengencerkan dahak. Tidak hanya itu saja, obat ini juga sering di gunakan untuk mengurangi rasa sakit pada tenggorokan.

Bagi anak-anak yang masih berusia 2 tahun maka sebaiknya memberikan obat ini dengan jumlah 0.5 ml setiap 2 kali dalam sehari. Untuk harganya sendiri obat ini bisa bunda dapatkan dengan harga 24.750 untuk 60 ml.

5. Obat Uni Baby Cough Syrup
Untuk obat yang terakhir ini merupakan jenis obat yang memiliki kandungan paracetamol glyceryl guajacols, chlorpheniramini maleat dan oleum anisi yang mempunyai khasiat untuk mengatasi masalah flu seperti demam, pilek dan batuk pada bayi serta balita.

Dalam pemberian obat ini pada anak-anak yang berusia 1 tahun minimal diberikan sekitar 3 kali dalam sehari atau 2.5 ml. Bunda bisa mendapatkan obat ini dengan harga yang terjangkau yaitu sekitar 7 sampai 12 ribu untuk 60 ml.

Itu saja informasi yang dapat admin rangkumkan untuk kalian mengenai daftar obat batuk untuk bayi yang aman. Semoga informasi di atas bisa memberikan bunda informasi lebih jelas dan bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel