6 Cara Ampuh Mengobati Batuk Pada Bayi Yang Aman Dirumah

6 Cara Ampuh Mengobati Batuk Pada Bayi Yang Aman Dirumah
Cara Mengobati Batuk Pada Bayi
Gamatips.com - Banyak sekali dari ibu-ibu muda yang sering mengalami hal tersebut, mereka juga sering merasa panik pada saat mendapati anaknya mengalami batuk. Batuk pada bayi mungkin wajar untuk terjadi karena hal ini menandakan kalau tubuh si kecil sedang melindungin tubuhnya sendiri agar saluran pernafasannya tetap bersih serta tenggorokannya bersih dari dahak.

Memang apabila bayi mengalami batuk iya akan lebih sering rewel, namun gejala batuk yang terjadi pada bayi hanya berlangsung dalam waktu dua minggu dan tidak perlu bunda khawatirkan. Untuk mengobati batuk pada bayi memang agak gampang-gampang susah, karena dalam usia tersebut iya akan sangat sulit untuk berkomunikasi, apalagi untuk bayi yang belum bisa berbicara maka hal ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua.

Dalam dunia medis, pada dasarnya untuk bayi yang baru berusia 4 bulan jarang mengalami batuk dan apabila pada usia tersebut bayi mengalami batuk maka itu adalah sebuah pertanda kalau ada sebuah penyakit tertentu. Serta pada saat memasuki musim dingin dan bayi bunda mengalami batuk-batuk maka itu merupakan pertanda kalau sikecil terserang virus syncytial. Virus tersebut sangatlah berbahaya untuk kesehatan si kecil, oleh sebab itu segeralah membawa sikecil ke dokter.

Jenis-jenis Batuk Pada Umumnya

Jenis batuk apa saja yang sering dialami bayi dan anak-anak?

Pada dasarnya batuk dapat dikategorikan menjadi dua jenis yaitu sebagai berikut:

1. Batuk Kering
Batuk kering biasanya akan dialami oleh bayi atau anak-anak apabila iya sedang demam ataupun sedang mengalami alergi. Pada umumnya batu yang satu ini menandakan kalau tubuh sedang membersihkan tetesan lendir atau iritasi postnasal ketika sakit tenggorokan.

2. Batu Berdahak
Pada dasarnya batuk berdahak ini sering terjadi karena mengalami penyakit pernafasan yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Infeksi bakteri inilah yang akan membuat timbulnya dahak atau lendir yang mengandung sel darah putih untuk membantu tubuh melawan kuman yang ada dalam saluran pernafasan.

Namun tidak hanya itu saja ada beberapa gejala batuk yang perlu bunda waspadai jika terjadi pada sikecil, karena gejala ini cukup berbahaya bagi kesehatan sikecil. Gejala-gejala yang perlu diwaspadai adalah sebagai berikut:

1. Gejala Brochiolitis
Gejala yang pertama ini biasanya sering dialami pada tahun pertama sikecil dan penyebab gejala ini adalah cuaca yang dingin serta saluran udara didalam paru-paru sikecil mengalami infeksi dan berlendir. Dalam hal ini bayi akan mengalami batuk kering serta hilangnya nafsu makan.

2. Gejala Batuk Rejan
Gejalan batuk yang berikut ini terjadi karena adanya infeksi yang mempengaruhi area paru-paru serta saluran pernafasan pada bayi. Biasanya bayi akan terengah-engah, mengalami demam ringan serta diikuti dengan flu. Untuk menyembuhkan batuk yang satu ini adalah dengan vaksinasi.

3. Gejala Batuk Croup
Menurut dokter untuk bayi yang berusia 6 sampai 3 tahun sangatlah rentan untuk terkena batuk yang satu ini. Bayi akan mengalami kesulitan untuk bernafas dan ini disebabkan pembengkakkan yang terjadi pada saluran pernafasan didalam paru-paru. Serta sikecil juga akan mengalami demam dan idungnya mengeluarkan ingus.

4. Gejala Batuk Pneumonia
Jenis batu yang satu ini biasanya terjadi karena infeksi virus atau bakteri yang terjadi pada paru-paru dan dapat terjadi karena sejumlah faktor. Biasanya jika sikecil mengalami batuk tersebut maka akan terdengar basah dan apus.

5. Gejala Batuk Cystic Fibrosis
Umumnya batuk Cystic Fibrosis ini akan ditandai dengan keluarnya lendir kuning atau hijau yang cukup tebal. Serta jika hal ini terjadi maka sebaiknya segeralah memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih cepat.

Nah, jika 5 gejala batuk diatas tadi terjadi pada buah hati bunda maka ada baiknya untuk segera memeriksakannya ke dokter anak untuk mendapatkan penanganan yang benar.
6 Cara Ampuh Mengobati Batuk Pada Bayi Yang Aman Dirumah
Cara Mengobati Batuk Pada Bayi

Cara Mengobati Batuk Pada Bayi dan Anak-anak

Bagaimana cara mengobati batuk pada bayi dan anak-anak yang benar dan aman?

Bagi orang tua tentu sangatlah berat sekali rasanya jika sudah melihat anak kamu menderita dan menginginkan sikecil untuk segera kembali sehat dan ceria. Untuk mengobati batuk pada bayi dan anak-anak memang tidaklah mudah dan tidaklah sulit juga. Caranya bunda bisa memberikan asupan cairan yang lebih banyak dari biasanya seperti ASI, air putih, sup atau jus hangat dan untuk bayi yang masih berusia 6 bulan maka sebaiknya berikan ASI lebih sering dalam waktu singkat dengan dibarengi memantau kemampuan minumnya.

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat menyebutkan kalau bayi yang masih berusia dibawah 2 tahun untuk tidak menggunakan obat pilek ( OTC / obat bebas) hal ini karena tidak baik untuk tubuh sikecil. Selain itu obat-obatan tersebut akan beresiko menimbulkan sebuah efek samping yang sangat serius dan berpotensi membahayakan nyawa sikecil. Namun untuk anak-anak yang berusia 4 sampai 6 tahun sebaiknya menggunakan obat batuk dan pilek atas rekomendasi dari dokter sendiri.

Namun berikut ini ada beberapa cara yang aman untuk mengobati batuk pada bayi tanpa menggunakan obat-obatan dan pastinya lebih aman bagi tubuh sikecil. Apa saja itu, berikut penjelasanya:

1. Penuhi istirahat sikecil
Pada saat sikecil sakit tentu iya akan menjadi tidak bersemangat lagi, hilangnya nafsu makan dan sulit untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Oleh sebab itu cobalah untuk menidurkannya dengan tepat waktu dengan cara menggendong sikecil agar iya dapat tidur dengan nyaman.

2. Cukupi cairan tubuh sikecil
Ketika sikel mengalami batu maka akan timbul lendir yang bisa membuat saluran pernafasannya tersumbat. Bunda dapat memberikan sikecil ektras ASI untuk memenuhi cairan didalam tubuh sikecil. Karena dengan terpenuhinya kebutuhan cairan didalam tubuh sikecil maka ini akan membuat saluran pernafasan sikecil akan lebih lancar.

3. Memposisikan kepala lebih tinggi
Bunda juga dapat mencoba untuk memposisikan kepala sikecil lebih tinggi pada saat iya tidur dan hal ini dapat bunda lakukan apabila sikecil sering gelisah ketika sedang tidur.

4. Menggunakan uap panas
Batuk yang terjadi pada bayi juga dapat bunda atasi dengan membiarkannya menghirup uap panas. Bunda bisa memasak air hangat dan wadah yang berisi air panas didekat sikecil dan biarkan uap yang keluar dihirup oleh sikecil. Usahakan tidak terlalu lama yang bunda dan hati-hati juga agar sikecil tidak terkena air panas.

5. Teteskan saline
Saline atau air garam ini merupakan sebuah larutan yang dapat bunda dapatkan di apotek. Bunda bisa memakai sedotan untuk meneteskan larutan ini ke bagian hidung sikecil yang tersumbat. Usahakan kepala sikecil dengan posisi menengadah dan berikan 2 sampai 3 tetes larutan tersebut dan diamkan selama 30 detik lalu bersihkan dengan memakai catton bud yang bund.

6. Berkumur dengan air garam
Bunda juga dapat melakukan cara yang satu ini apabila sikecil sudah berusia lebih dari 4 tahun. Bunda bisa mengajarkan sikecil untuk berkumur-kumur dengan air garam dengan takaran 1/2 sendok tej garam yang dilarutkan dengan air hangat. Lakukan cara tersebut 3 sampai 4 kali dalam sehari dengan menengadahkan kepala.

Pada dasarnya bayi yang berusia lebih muda dari 4 bulan umumnya tidak akan mengalami batuk. Tapi apabila Si Kecil mengalaminya maka ada baiknya segera hubungi dokter untuk mencari tahu apa yang menjadi penyebab dan bagaimana cara mengatasi batuk pada bayi. Ingatlah agar selalu tetap tenang dengan dibarengi mengamati gejala dan mendengarkan jenis batuk yang sedang dialami oleh sikecil.

Munculnya batuk pada bayi dan anak yang juga dibarengi dengan keluhan lain seperti sesak napas, batuk darah, nafsu makan berkurang dengan signifikan, sikecil terlihat lemas, sulit tidur, muntah-muntah, kulit berwarna pucat atau kebiruan, batuk lendir kehijauan atau kekuningan, batuk yang tidak henti-henti hingga berminggu-minggu, berat badan menurun derastis dan demam adalah sebuah kondisi yang sangat serius yang perlu segera ditangani oleh dokter. Alangkah baiknya untuk segera bawa bayi atau anak bunda ke rumah sakit terdekat jika kedapatan mengalami gejala yang seperti diatas tadi.

Sekian informasi yang bisa admin rangkumkan kali ini, semoga dengan informasi diatas tentang cara mengobati batuk pada bayi yang aman dirumah bisa berguna dan bermanfaat buat kalian semuanya. Jika menurut kalian informasi diatas bermanfaat maka tidak ada salahnya untuk membagikannya kepada orang lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel