19 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Tanpa Efek Samping

19 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Tanpa Efek Samping
Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami
Gamatips.com - Bagi setiap orang yang sudah beranjak remaja tentu akan mengalami sebuah masalah yang sama yakni masalah dengan jerawat. Jerawat memang tidak termasuk kedalam penyakit kulit yang berbahaya, tapi jerawat dapat merusak penampilan dan menurunkan kepercayaan diri kita. Selain itu mungkin dari kita masih banyak yang belum tahu bagaimana cara menghilangkan jerawat secara alami dan tidak berbahaya bagi kesehatan.


Dalam dunia yang sudah mederen ini pastinya sudah mulai banyak tersebar obat-obat yang dikatakan mampu menghilangkat jerawat dalam semalam. Tapi apakah obat tersebut aman? Belum dapat diketahui secara pasti apakah obat-obatan yang dijual dipasaran itu aman atau tidaknya bagi kulit kamu, karena setiap orang itu memiliki sifat kulit yang berbeda-beda dan membutuhkan perawatan yang berbeda pula. Jadi tidak semua obat perawatan kulit yang aman bagi kulit kamu.

Daripada kita memakai obat-obatan yang belum kita ketahui aman atau tidaknya bagi kulit kita, kenapa kita tidak coba saja memakai bahan-bahan alami dalam menghilangkan jerawat secara alami dan cepat tanpa efek samping. Bahan-bahan ini juga sangat mudah untuk kamu temukan dan tidak membutuhkan biaya yang besar alias murah. Apa saja bahan-bahan tersebut! Yuk, kita simak dibawah ini:

Penyebab Timbulnya Jerawat Pada Kulit


Apa penyebab utama yang membuat kulit kita jerawatan?

Sebelum kita beranjak kepembahasan cara menghilangkan jerawat dengan bahan-bahan alami, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa yang menjadi faktor utama kulit kita jerawatan. Menurut beberapa ahli kulit menyebutkan ada beberapa faktor utama yang menjadi pemicu timbulnya jerawa membandel pada kulit dan faktor tersebut sebagai berikut:

Faktor Pubertas
Tentunya setiap orang akan memiliki jerawat pada saat mereka mengalami pubertas atau ketika mereka sudah memasuki pase remaja. Hal tersebut karena pada saat seorang mengalami masa puber maka sabun yang dihasilkan oleh kelenjar minyak pada kulit akan mengalami peningkatan dan ini juga dikarenakan meningkatnya produksi hormon testosteron.

Adanya Perubahan Hormon
Pada umumnya jerawat itu tidak hanya muncul pada orang yang beranjak remaja tapi orang dewasa juga bisa mempunyai jerawat pada wajah. Tapi hal tersebut labih sering dialami oleh perempuan, sebab pada masa-masa tertentu terutama ketika iya mengalami menstruasi dan pada saat hamil akan terjadi perubahan hormon yang cukup signifikan. Pada wanita jerawat akan muncul ketika akan datangnya menstruasi sedangkan untuk wanita hamil biasanya jerawat akan muncul ketika memasuki kehamilan 3 bulan pertama.

Mengkonsumsi Makanan Yang Tidak Sehat
Selain penyebab diatas, jerawat juga dapat muncul akibat pola makan yang tidak sehat. Mengkonsumsi maknan yang tidak sehat seperti makanan yang mengandung banyak lemak akan membuat tubuh memproduksi sabun yang berlebihan pada kulit, terutama kulit wajah.

Sering Memencet Jerawat
Hal ini mungkin sangat sering dialami oleh kebanyakan orang, sebab umumnya jerawat yang muncul pada kulit akan membuat kita merasa risih dan ingin segera menghilangkan jerawat tersebut dengan cara memencetnya. Tapi pada saat memencet jerawat, apakan kamu sudah yakin kalau tanganmu itu bersih? Tidak hanya tangan yang kotor dapat memicu tumbuhnya jerawat lain, tapi dengan memencet jerawat juga dapat membuat infeksi serta penyumbatan pada pori-pori kulit.

Menggunakan Make Up Secara Berlebihan
Hal yang satu ini khusus bagi kaum perempuan, menggunakan make up yang secara berlebihan tanpa mengimbanginya dengan membersihkan wajah secara teratur malah akan membuat jerawat muncul. Selain itu memakai kosmetik atau produk kecantikan yang tidak cocok untuk kulit kamu malah juga bisa membuat kulit wajah ditumbuhi banyak jerawat.

Menggunakan Ponsel Yang Kotor
Saat ini mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui kalau ponsel yang kita sering pakai itu kotor meski tidak terlihat secara kasat mata. Tapi tahukah kalian kalau memakai posel yang kotor tersebut malah akan membuat munculnya jerawat pada wajah kita, hal ini karena bakteri yang ada pada ponsel membuat masalah pada kulit dan menimbulkan jerawat. Oleh sebab itu jagalah kebersihan pada ponsel yang sering kalian pakai agar meminimalisir pekermbangan bakteri pada ponsel.

Terlelu Sering Mencuci Wajah
Mungkin banyak dari orang menganggap kalau munculnya jerawat itu disebabkan kurangnya kita membersihkan kulit wajah. Tapi sebenarnya hal itu tidak benar, karena membersihkan kulit wajah terlelu sering malah akan membuat minyak pada wajah berkurang dan ini lantas akan memicu kulit memproduksi minyak yang berlebihan. Umumnya membersihkan wajah yang benar itu adalah 2 kali dalam sehari dengan memakai produk pembersih wajah yang aman bagi kulit kamu.

Terlalu Sering Stres
Selain beberapa penyebab diatas, faktor stres juga bisa memicu timbulnya banyak jerawat pada kulit wajah kita. Hal ini karena banyak penelitian menyebutkan kalau terlalu banyak stres malah akan membuat timbulnya banyak sekali jerawat pada kulit.
19 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Tanpa Efek Samping
Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Tanpa Efek Samping


Bagaimana cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat tanpa efek samping?

Setelah kita sudah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab utama yang membuat kulit wajah kita berjerawat maka langkah selanjutnya kita akan mengatasi jerawat tersebut dengan bahan-bahan alami yang aman bagi kesehatan. Berikut ini ada beberapa bahan-bahan alami yang bisa kamu siapkan untuk mengatasi masalah jerawat pada kulit wajah:

Menghilangkan Jerawat Dengan Lidah Buaya
Lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan jerawat pada kulit wajah. Ini karena lidah buaya mempinyai kandungan polifenol yang dapat berperan untuk mengatasi jerawat pada kulit secara menyeluruh. Kamu dapat menggunakan gel dari ludah buaya sebagai masker alami untuk kulit dan diamkan selama 20 menit.

Menghilangkan Jerawat Dengan Soda Kue
Dalam menghilangkan jerawat yang membandel kamu juga bisa memakai soda kue, karena soda kue sendiri mempunyai manfaat untuk menyeimbangkan pH kulit dan ini akan mencegah timbulnya jerawat pada kulit. Selain itu soda kue juga bisa berperan sebagai antiseptik serta anti-inflamasi alami untuk mengatasi jerawat membandel pada kulit. Cara kamu bisa memakai soda kue sebagai masker wajah secara rutin agar hasilnya menjadi lebih maksimal.

Menghilangkan Jerawat Dengan Putih Telur
Putih telur sendiri mempunyai kandungan enzim lysonzim yang dipercaya mempunyai manfaat untuk menghilangkan bekas jerawat secara menyeluruh. Dalam penggunaanya kamu bisa mengambil putih telur dan mencampurkannya dengan air perasan lemon dan mengoleskannya pada wajah secara merata. Diamkan sekitar 15 menit dan bilas dengan air yang bersih.

Menghilangkan Jerawat Dengan Buah Alpukat dan Madu
Buah alpukat itu mempunyai kandungan vitamin E yang dapat membantu merendakan terjadinya peradangan pada kulit dan madu juga mempunyai kandungan hidrogen peroksida yang mempunyai sifat anti-bakteri alami. Nah, kombinasi dari dua bahan tersebut akan membantu kita untuk menghilangkan jerawat serta bekas jerawat yang membandel secara alami dan cepat serta aman bagi kesehatan.

Caranya kamu bisa mengambil beberapa potong daging buah alpukat dan haluskan serta tambahkan juga satu sampai dua sendok makan madu. Setelah itu kalian dapay mengaplikasikannya pada kulit wajah secara teratur agar hasilnya lebih maksimal.

Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih
Selain cara-cara diatas, kamu juga bisa memakai bawang putih dalam mengatasi masalah jerawat. Ini karena bawang putih tersebut mempunyai kandungan zat sulfur yang mampu mengatasi jerawat dengan cepat. Caranya juga sangat mudah, kamu bisa mengambil beberapa potong bawang putih dan tempelkan pada kulit yang berjerawat. Tunggu sampai 15 menit lalu bersihkan dengan air.

Menghilangkan Jerawat Dengan Yogurt dan Madu
Yogurt sendiri memiliki beberapa kandungan yang baik seperti asam laktat dan asam alfa hidroksi yang mempunyai manfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan mengatasi masalah penyebab munculnya jerawat. Dalam penggunaanya kamu bisa mencampurkan 1 sendok makan madu dengan 2 sendok makan yogurt lalu aduk sampai rata. Gunakan bahan tersebut sebagai masker alami untuk kulit wajah dan gunakan secara teratur.

Menghilangkan Jerawat Dengan Mentimun
Mentimun itu tidak hanya mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi tapi mentimun juga mempunyai kandungan vitamin dan asam amino yang cukup tinggi. Dimana kandungan tersebut mempunyai manfaat untuk menghilangkan jerawat secara alami. Kamu bisa memakai mentimun sebagai masker untuk kulit wajah secara teratur.

Menghilangkan Jerawat Dengan Masker Buah Lemon
Buah lemon mempunyai kandungan asam askorbat-L yang mempunyai manfaat untuk mengatasi masalah peradangan yang terjadi pada kulit wajah serta mampu membuat pori-pori kulit wajah menjadi bersih. Langkah penggunaanya kamu bisa memeras satu buah lemon dan mengoleskan air perasan tersebut pada kulit wajah, tunggu selama 15 menit dan kamu bisa membilasnya dengan air hangat.

Menghilangkan Jerawat Dengan Buah Pepaya
Buah pepaya itu memiliki kandungan enzim papain yang dipercaya mampu untuk membersihkan sisa-sisa sel kulit mati yang menjadi penyebab timbulnya jerawat. Kamu dapat memakai buah pepaya sebagai masker alami untuk kulit dan gunakan secara rutin agar hasilnya menjadi lebih maksimal.

Menghilangkan Jerawat Dengan Buah Pisang dan Kunyit
Buah pisang itu kaya akan kandungan antioksidan, potasium dan vitamin E, kandungan tersebut dapat membuat kulit wajah kita tampak lebih cerah dan lembab. Selain itu kandungan lektin yang terdapat dalam buah pisang juga mampu untuk menyingkirkan bakteri penyebab jerawat. Sedangkan dalam kunyit sendiri mempunyai kandungan kurkuminoid yang bermanfaat untuk mengatasi peradangan pada kulit.

Dalam pemakaiannya kamu dapat menghaluskan 1 buah pisang dengan ditambahkan 1 sendok makan bubuk kunyit serta satu sendok teh soda kue lalu aduk sampai rata. Kemudian aplikasikan pada kulit wajah kamu secara merata dan diamkan beberapa menit atau sekitar 15 menit dan bilas dengan air hangat sampai bersih.

Menghilangkan Jerawat Dengan Cuka Apel
Cuka apel sendiri mempunyai kandungan antiseptik alami yang berperan untuk membunuh bakteri yang menjadi penyebab timbulnya jerawat pada kulit. Kamu bisa memakai makser dari cuka apel secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Didalam menggunakan bahan-bahan alami dalam menghilangkan jerawat secara alami dan cepat tentu akan lebih aman dibandingan menggunakan obat-obatan yang belum kita ketahui aman atau tidaknya bagi kulit kita. Namun dalam menggunakan bahan-bahan alami itu perlu kesabaran karena hasilnya tidak akan terlihat secara langsung tapi akan kalian rasakan secara perlahan-lahan manfaatnya.

Mungkin itu saja beberapa ulasan yang bisa admin rangkumkan mengenai menghilangkan jerawat secara alami tanpa efek samping yang dapat membahayakan kesehatan kulit wajah. Apabila kamu menganggap kalau tulisan diatas bermanfaat maka tidak ada salahnya untuk membagikannya kepada teman-teman kalian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel